Imbas Reaksi Keras Publik, Mozilla Hentikan Penerimaan Donasi Dalam Bentuk Kripto

Mozilla Illustration Web Bisnis Muda - Image: PCMag India

Mozilla Illustration Web Bisnis Muda - Image: PCMag India


Prahara yang terjadi atas keberadaan cryptocurrency memang tak luput dari beragam kontra yang juga sebanding dengan para penggiatnya, Be-emers

Masalah yang hadir semata-mata juga bukan hanya tuduhan tak berdasar, mengingat sudah banyak temuan atas krisis energi serta limbah elektronik (e-waste) yang bersumber dari aktivitas penambangan Bitcoin.

Dengan demikian, beberapa lapisan publik yang kontra atas aktivitas penambangan tersebut kini terbilang semakin lantang dalam menyuarakan keinginannya.

Salah satu yang terdampak seperti organisasi nirlaba peramban asal Amerika Serikat yaitu Mozilla yang belakangan ini memilih untuk menghentikan penerimaan donasi dalam bentuk kripto usai reaksi keras publik bermunculan.

Baca Juga: Dampak Penambangan Kripto, Kazakhstan Alami Krisis Energi hingga Berpotensi Gelap Gulita!


Mozilla Pilih Tangguhkan Penerimaan Donasi Kripto

Mengutip dari TechCrunch, awal tahun ini Mozilla Foundation (bagian dari Mozilla) baru saja mengumumkan atas penangguhan penerimaan donasi dalam bentuk mata uang kripto yang disebabkan oleh reaksi keras publik, termasuk salah satunya ialah mantan pendiri Mozilla Project.


Salah satu pendiri Mozilla Project, Jamie Zawinski, yang hengkang sejak tahun 1999 tersebut, cukup menjadi trigger atas upaya yang pada akhirnya dipilih oleh Mozilla.

Reaksi publik atas ketidaksetujuan donasi dalam bentuk kripto ini sebenarnya sudah lama mencuat, terlebih Mozilla pertama kali menerima donasi dalam bentuk Bitcoin dari tahun 2014.

Rasa muak Jamie Zawinski akhirnya terlontar dari cuitan yang diunggahnya yang menyatakan rasa kekecewaannya yang mendalam serta dibarengi dengan sumpah serapah yang menyebut bahwa seharusnya Mozilla malu atas keputusannya untuk bermitra dengan grifter Ponzi yang dapat membahayakan planet ini.

Di kesempatan lain, pendiri mesin pencarian yang mendukung Mozilla Gecko yaitu Peter Linss, juga mendukung sepenuhnya atas cuitan yang dilontarkan oleh Jamie seraya dengan beberapa imbuhan yang juga diberikan olehnya.

Tak berselang lama, akhirnya Mozilla memberi tanggapan yang menjelaskan bahwa pihaknya akan segera melakukan tinjauan lebih lanjut atas kebijakan yang telah dilakukan kemarin untuk dapat diselaraskan dengan tujuan iklim.

Pihak Mozilla juga akan terus memberikan laporan secara transparan untuk setiap tinjauan yang dilakukannya dengan rutin dan berkala.

Di samping itu, jejak lingkungan Bitcoin sendiri memang telah dikaitkan dengan bagaimana token dibuat. Bitcoin dan Ethereum sejauh ini diketahui menggunakan mekanisme yang disebut proof-of-work untuk memberi daya pada jaringan mereka dan mencetak blok baru dari setiap mata uang.

Cambridge Center for Alternative Finance bahkan memperkirakan atas setiap penambangan Bitcoin yang digadang memakan sekitar 148 terawat/jam dari energi setiap tahunnya.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?