Ini Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini

Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Meski identik dengan hari tua, tapi pensiun juga bisa dilakukan di luar umur pensiun yang ditentukan alias pensiun dini lho! Hmm..kira-kira apa sih kelebihan dan kekurangan jika memutuskan untuk melakukan pensiun dini?

Di Indonesia, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun, usia pensiun pertama yang berlaku yaitu 56 tahun. Namun, pada Januari 2019, usia pensiun diubah menjadi 57 tahun.

Meski begitu, ternyata masa pensiun bisa datang lebih cepat dengan adanya pensiun dini. Dilansir dari laman OCBC NISP, pensiun dini adalah suatu permohonan purna tugas atau pemberhentian seseorang yang belum memenuhi ketentuan usia pensiun.

Baca Juga: Ini Jenis Reksa Dana yang Bisa Dipilih untuk Persiapan Masa Pensiun
 

Penyebab dan Usia Pensiun Dini

Ketika seseorang memutuskan untuk pensiun, itu artinya dia sudah siap untuk melepas rutinas pekerjaannya di sebuah perusahaan. Nah, pensiun dini itu ternyata bisa diajukan oleh karyawan maupun perusahaan lho.

Dari informasi di laman Lifepal, pensiun dini bisa dari keputusan karyawan itu sendiri atau penawaran dari perusahaan. Dalam laman resmi OSCB NISP, pensiun dini bisa disebabkan dengan berbagai alasan seperti karyawan mengalami sakit tertentu, jenjang karir yang stagnan, hingga urusan pribadi lainnya yang bisa diterima perusahaan.


Nah, PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan pegawai swasta juga punya batas usia yang berbeda untuk pensiun dini, antara lain:
  • Usia Minimal Pensiun Dini PNS
    Berdasarkan UU No.5 tahun 2014, kalau PNS mengajukan pensiun dini atas kehendak sendiri, minimal usia yang berlaku adalah 45 tahun dengan masa kerja 20 tahun. Sedangkan PNS yang pensiun dini karena adanya perampingan organisasi, minimal berusia 50 tahun dengan masa kerja minimal 10 tahun.
     
  • Usia Minimal Pensiun Dini Pegawai Swasta
    Setiap perusahaan swasta pada dasarnya punya peraturan tersendiri terkait usia minimal pensiun dini karyawannya. Perusahaan swasta biasanya mengkombinasikan usia dan masa kerja karyawannya untuk menentukan usia minimal pensiun dini.

    Misalnya, minimal berusia 45 tahun dengan masa kerja minimal 10 tahun atau tidak ada batas minimal usia tapi minimal masa kerja yakni mencapai 20 tahun.
 

Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini

Masa pensiun adalah masa dimana kamu sudah enggak perlu lagi untuk bekerja secara rutin di perusahaan. Lalu, apakah pensiun dini akan membuat hidup kamu jadi lebih baik?

Tentunya, pensiun dini punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri lho. Hal tersebut pun bisa kamu pertimbangkan nih sebelum memutuskan untuk pensiun dini di masa depan.
 

Kelebihan Pensiun Dini:

1. Punya banyak waktu lebih
Saat pensiun dini, waktu luang kamu tentu saja jadi lebih banyak. Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk bersosialisasi, menekuni hobi, hingga mempelajari hal baru agar tetap produktif.

2. Mengembangkan passion
Mungkin selama bekerja, kamu jadi sulit fokus untuk mengembangkan apa yang selama ini jadi passion kamu. Dengan memutuskan untuk pensiun dini, mungkin itu saatnya bagi kamu untuk fokus pada passion kamu nih, Be-emers. Misalnya, mengembangkan usaha dari hobi.
 

Kekurangan Pensiun Dini:

1. Berkurangnya penghasilan
Memang sih, saat pensiun dini, waktu luang kamu jadi lebih banyak. Eits, tapi kamu juga harus siap dengan konsekuensi bahwa penghasilan kamu akan berkurang nih, Be-emers.

Pastinya, saat pensiun dini, kamu enggak akan menerima upah yang sama ketika kamu masih bekerja secara normal. Makanya, mempersiapkan tabungan pensiun hingga mengembangkan usaha saat masa pensiun itu berguna banget lho!

2. Mudah bosan
Buat kamu yang workaholic atau mungkin termasuk orang yang menjalani hustle culture, hati-hati ya. Soalnya, ketika kamu memutuskan untuk pensiun dini, kemungkinan besar kamu akan mudah bosan lho, Be-emers!

Untuk itu, penting bagi kamu untuk mencoba menjalani kegiatan-kegiatan baru, atau bahkan hobi baru, biar kamu enggak gampang bosan saat pensiun muda nanti.


Gimana, kamu kira-kira bakal memilih untuk pensiun dini atau enggak nih, Be-emers?