Wujud Keseriusan Terhadap Metaverse, Sony Resmi Perkenalkan PlayStation VR2

PlayStation VR2 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Euronics

PlayStation VR2 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Euronics


Gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2022 Hybrid memang telah terlaksana pada pekan lalu, mulai dari 5 Januari hingga 8 Januari 2022 di Las Vegas Convention Center, Amerika Serikat.

Meskipun beberapa perusahaan besar diketahui batal menghadiri acara tersebut akibat varian Omicron yang terus mengintai, namun hal tersebut tak menyurutkan gairah dari beberapa perusahaan lainnya yang tetap menghadiri perhelatan acara tersebut.

Perusahaan yang mendapatkan sorotan sepanjang gelaran CES 2022 adalah perusahaan multinasional permainan video asal Jepang yaitu Sony Interactive Entertainment.

Pasalnya, pada gelaran tersebut Sony menunjukkan keseriusannya untuk meramaikan panggung metaverse lewat bocoran PlayStation VR2, nih, Be-emers!

Baca Juga: Omicron Terus Mengintai, Microsoft Hingga BMW Pilih Batal Hadiri CES 2022
 

Metaverse dan PlayStation VR2

Melansir dari The Verge, pihak Sony yang diwakilkan oleh Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan dikabarkan baru saja membocorkan spesifikasi dari PlayStation VR2 tepat pada Rabu, (05/01/2022) lalu.


Dalam keterangannya, Jim Ryan menyebut bahwa perangkat terbaru milik Sony tersebut merupakan bagian dan upaya dari keseriusan Sony dalam rangka meramaikan panggung metaverse ditahun mendatang.

Jim Ryan juga memberikan sedikit gambaran tentang perangkat barunya tersebut yang diketahui dapat terintegrasi dengan PlayStation 5 (PS5) lewat port USB Type-C yang disediakan.

PlayStation VR2 atau PSVR2 ini digambarkan sebagai sebuah perangkat headset Virtual Reality (VR) yang juga dilengkapi dengan controller yang serupa layaknya fitur Dual Sense.

Sebagai pembeda, controller tersebut akan memiliki konfigurasi tambahan dengan kehadiran haptic feedback dan juga adaptive trigger sehingga mampu mengoptimalkan keberadaan pengguna ketika dalam dunia virtual.

Nantinya haptic feedback dan adaptive trigger tersebut akan mampu memperdengarkan serta memberikan getaran atas denyut nadi karakter serta keriuhan yang terjadi disekitar karakter secara lebih detail, termasuk ketika mendengar semilir angin dan lamun ombak.

Sedangkan untuk perangkat headset VR memiliki gambaran spesifikasi dengan tampilan layar OLED 4K HDR, bidang pandang seluas 110 derajat dalam skala 2000 x 2040 piksel dengan refresh rate yang berkisar 90Hz hingga 120Hz.

Lebih lanjut, Jim Ryan juga menambahkan seluruh perangkat tersebut nantinya akan mampu untuk digunakan pada game Horizon Call of the Mountain.

Kendati demikian, hingga pemberitaan ini tersiar pihak Sony tidak menyebut lebih lanjut baik untuk tanggal perilisan hingga besaran harga dari perangkat terbarunya itu.

Seru banget nih kayaknya. Gimana tanggapanmu, Be-emers?