Tips Melayani Konsumen dengan Baik

Tips Melayani Konsumen - Image: Canva

Tips Melayani Konsumen - Image: Canva

Like

Dalam berbisnis, konsumen atau pelanggan merupakan sebuah pihak yang selalu berinteraksi dengan kita sebagai pemilik bisnis. Oleh karena itu, interaksi akan secara masif dilakukan.

Tentu, dalam melayani konsumen tersebut, kita harus memiliki formula yang bagus dan menarik. Sehingga, pelanggan kita lebih merasa senang dan puas oleh pelayanan yang kita berikan. 

Dalam berbisnis, tentu tidak hanya faktor harga dan uang saja yang berpengaruh, Pelayanan yang elok akan membuat nilai lebih bagi konsumen.

Banyak konsumen yang tidak terlalu mementingkan harga, asalkan mendapat pelayanan yang baik dari pemilik bisnis.

Lalu, apa saja tips dalam melayani konsumen dengan baik?


Baca Juga: Sajikan Sudut Pandang Konsumen, Apa Pentingnya Perceptual Marketing?

 

Bertutur Kata yang Jelas dan Mudah Ditafsirkan

Komunikasi menjadi unsur penting dalam memberikan layanan yang bagus. Berbicara dengan nada yang jelas, intonasi yang pas, dan artikulasi yang tepat akan sangat memudahkan konsumen untuk menunjukkan keinginannya dalam membeli produk kita.

Tutur kata yang konsisten dan jelas dapat membuat kita bisa menyampaikan informasi dengan bagus. Sehingga, meminimalisir terjadinya salah paham antar kedua belah pihak.
 

Berpenampilan Baik dan Sopan

Dalam melakukan kontak langsung dengan konsumen, maka penampilan akan menjadi daya tarik dan penilaian oleh konsumen tersebut. Seragam yang memiliki identitas dan berfilosofi akan lebih disukai dan lebih menjadi nilai jual bagi perusahaan tersebut.

Kita sebagai konsumen pun akan merasa lebih nyaman dan betah untuk berinteraksi dengan pegawai atau pemilik bisnis yang berpenampilan baik dan sopan.
 

Percaya Diri, Santun, dan Ramah

Ketiga hal tersebut bisa menjadi selling points bagi perusahaan, karena dengan percaya diri, akan menghindarkan pegawai dari rasa minder dan grogi. Apalagi jika bertemu klien dengan tujuan bisnis formal, maka percaya diri sangat diperlukan.

Santun berarti menghargai lawan bicara dengan attitude yang baik pula. Ketika lawan bicara sedang berbicara, tentu kita tidak boleh langsung memotong pembicaraan tersebut. 

Ramah akan menimbulkan penilaian positif oleh konsumen dikarenakan ramah akan mempermudah dalam berkomunikasi dan berdiskusi dengan konsumen tersebut. Konsumen tidak sungkan berbicara jika kita bersikap ramah.
 

Kontak Mata

Kontak mata tentu menjadi pendukung yang baik saat kita melakukan komunikasi. Dengan kontak mata yang konsisten, maka konsumen sebagai lawan bicara akan merasa dihargai dan didengar dengan sungguh-sungguh, baik dalam ebntuk keluhan maupun pujian.

 

Tips Melayani Konsumen dengan Baik - Image: Canva

Tips Melayani Konsumen dengan Baik - Image: Canva

 

Menerima Segala Kritik dan Saran

Dalam memberikan pelayanan pada konsumen, tentu kita tidak bisa secara sempurna memberikan yang diinginkan oleh konsumen. Oleh karena itu, kita sebagai pemilik usaha sangat membutuhkan kritik dan saran tersebut sebagai upaya untuk evaluasi dan perbaikan pelayanan kedepannya supaya lebih memuaskan.

Kita juga bisa memperbaiki kesalahan yang kita lakukan dengan kritik dan saran yang bersifat membangun tersebut.

Baca Juga: Dapat Banyak Kritik, Robinhood Hapus Salah Satu Fiturnya

Itu lah tadi beberapa tips dalam melayani konsumen/klien/pelanggan dengan baik. Cara tersebut bisa kita terapkan pada bisnis kita.

Tak peduli bisnis kita bergerak dalam bidang apa/seberapa besar bisnis kita, tentu tips tersebut akan tetap relevan selama kita berhubungan dengan konsumen.