Apa Saja yang Perlu Anda Persiapkan untuk Memulai Bisnis Online?

Persiapan bisnis online

Persiapan bisnis online

Like

Apakah berjualan online itu sulit? Apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis online?

Ini mungkin pertanyaan yang tidak asing lagi bagi banyak orang yang ingin memulai bisnis dengan berjualan online. Belum lagi, bisnis online saat ini sedang menjadi tren, sehingga Anda harus menghadapi persaingan yang ketat di pasar.

Oleh karena itu, jika Anda tidak mempersiapkan pengetahuan, akan sangat sulit bagi Anda untuk berhasil. Jadi hari ini, kami akan merangkum hal-hal paling mendasar yang perlu Anda persiapkan. Semakin baik persiapan Anda, semakin baik peluang Anda untuk sukses.

Baca Juga: Begini Strategi Jualan Online UMKM Ala Nata Coffee

 

1. Produk Apa yang Sebaiknya Dijual secara online?

Jika Anda masih bertanya-tanya dan tidak tahu item mana yang harus dipilih untuk dijual secara online, saya ingin menyarankan Anda item penjualan online yang paling mudah dan efektif:


Produk tersebut antara lain:
  • Fashion
  • Sepatu
  • Kosmetik
  • Furnitur buatan tangan
  • Makanan
  • Minuman
  • Aksesori fashion
  • Buku
  • Bunga hias.

Jika kesulitan memilih produk, kalian bisa mempelajari dulu cara memilih produk yang dijamin laris manis di era sekarang. Selain memperdagangkan produk online utama tersebut, Anda juga dapat mengimpor produk lain untuk dijual secara musiman sesuai tren.

Setelah menentukan produk yang ingin Anda jual secara online, selanjutnya Anda perlu mencari sumber produk tersebut. Di satu sisi, menemukan barang online yang murah dan berkualitas selalu menjadi masalah ketika hanya memikirkannya.

Ada banyak cara untuk mencari barang. Namun, yang paling umum adalah Anda dapat mencari langsung di internet.

Misalnya, melalui media Facebook atau website khusus. Dengan mencari (searching) banyak kata kunci yang berbeda di Google atau kotak pencarian Facebook itu sendiri, Anda akan mendapatkan banyak hasil.

Baca Juga: 3 Cara Riset Kata Kunci di Shopee, Mencari Produk yang Laku untuk Dijual di Bulan Ramadhan

Dari sana, Anda dapat merujuk ke kebijakan grosir dan harga produk untuk memilih tempat yang paling cocok untuk mendapatkan barang.

 

2. Anda Perlu Mempersiapkan Diri untuk Menjadi Ahli dalam Produk yang Ingin Anda Jual

Untuk menjadi sukses di bidang tertentu, Anda harus memiliki pengetahuan tentang hal itu. Bahkan, jika barang yang Anda jual adalah barang biasa, tidak diperlukan pengetahuan khusus.

Namun, Anda pasti harus tahu dasar-dasarnya. Selain itu, Anda juga perlu mempelajari pengalaman praktis dari penjual online sebelumnya untuk melamar sendiri. Anda dapat mencari informasi secara online, membaca buku, atau berinvestasi dalam kursus jangka pendek tentang penjualan online.

Secara khusus, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan pemasaran untuk memanfaatkan jejaring sosial, khususnya Facebook, untuk berjualan secara online.

Banyak pemilik toko yang sukses ketika berjualan di Facebook. Mereka membangun halaman profil pribadi atau fanpage, grup, live streaming penjualan, dan lain-lain memiliki jumlah pelanggan potensial yang tinggi.

Pada saat yang sama, Anda juga harus belajar lebih banyak tentang cara berjualan di platform marketplace seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Sebab, ini adalah salah satu saluran dan alat untuk memasarkan dan mempromosikan produk, layanan, bantuan Anda membuat lebih banyak keuntungan saat menjual online.

Baca Juga: Jualan di Website Sendiri VS Marketplace dan Medsos, Mana yang Lebih Cuan? 

Jika Anda ingin menjadi pemilik, Anda juga harus memiliki keterampilan sebagai administrator. Anda harus memahami bagaimana marketplace atau media sosial beroperasi sesuai dengan proses tertentu.

Selain itu, Anda juga harus mengerti bagaimana mengelola karyawan (jika Anda kemudian memperluas dan mempekerjakan lebih banyak karyawan), manajemen keuangan, masalah yang terkait dengan sumber, transportasi, hingga memindahkan barang,

Saat memulai bisnis, baik itu bisnis besar atau kecil atau hanya pengecer, Anda harus meluangkan waktu untuk memperhatikan banyak aspek.
 

3. Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Berjualan Online?

Tentunya, ini adalah salah satu pertanyaan penting bagi mereka yang baru mulai berjualan secara online. Mungkin banyak orang akan mengira modal hanyalah sejumlah uang yang dikeluarkan untuk mengimpor barang, bahkan ada yang tanpa modal sekalipun.

Namun, berdasarkan kasus per kasus, modal lebih dari apa yang dibayangkan. Anda perlu memahami bahwa penjualan modal awal akan mencakup banyak pengeluaran.

Biaya tersebut akan bervariasi, tergantung pada industri, bidang di mana Anda melakukan bisnis, dan kemampuan Anda. Modal pun dibagi menjadi 3 jenis utama biaya, yakni sebagai berikut:

1. Tergantung pada bagaimana Anda memilih untuk memulai bisnis Anda. Hal ini mungkin tidak diperlukan segera. Namun dalam jangka panjang, Anda pasti masih harus mengeluarkan uang untuk impor jika ingin mengembangkan skala yang lebih besar.

2. Jika Anda memilih jenis pesanan penjualan, Anda tidak perlu modal. Ini adalah formulir dimana Anda hanya perlu memposting produk.

Ketika pelanggan memesan, Anda akan memesan dari pemasok, kemudian mengirimkannya ke pelanggan. Anda dapat mendaftar sebagai agen atau kolaborator untuk menikmati komisi atas pesanan penjualan.

Namun, bentuk penjualan ini akan sedikit sulit karena pelanggan harus menunggu waktu. Terkadang Anda tidak memiliki kendali atas ketersediaan atau kehabisan stok produk yang terdaftar untuk dijual.

Saat pertama kali memulai bisnis online, jika Anda tidak memiliki modal atau modal kecil, Anda dapat memilih formulir ini untuk meminimalkan risiko kehilangan barang. Pada saat yang sama, kumpulkan lebih banyak keuntungan.

3. Jika Anda telah memutuskan berjualan online dalam jangka panjang, Anda harus memilih formulir penjualan yang tersedia. Jenis ini membutuhkan modal karena Anda harus mengimpor barang agar siap di gudang Anda.

Ini juga mengharuskan Anda untuk gesit, memahami tren pasar untuk memilih model yang paling menarik dan memiliki perputaran modal yang baik. Sebab, dengan modal yang terbatas, model bisnis yang Anda pilih tidak dapat dijual.

Sehingga, hal itu menyebabkan persediaan Anda tidak akan memiliki modal baru untuk membeli lebih banyak barang, Tentunya, itu akan menjadi sangat sulit.

Namun, bentuk penjualan ini akan memiliki keuntungan bahwa Anda mengambil inisiatif dan mengontrol status persediaan. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu lama dan Anda bisa berkreasi dan memotret sendiri produk asli saat sudah tersedia.

Jika Anda memiliki sumber barang yang andal dan stabil, itu akan membantu Anda mengambil inisiatif dalam bisnis Anda dan kemampuan untuk tumbuh lebih cepat. Pada saat yang sama, ketika Anda harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar, hal itu akan memberi Anda banyak tekanan dan juga menjadi motivasi yang kuat bagi Anda untuk bertekad untuk menjual lebih banyak.