5 Potensi Investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Baru

Ilustrasi Investasi menjanjikan di Ibu Kota Nusantara. Image Canva

Ilustrasi Investasi menjanjikan di Ibu Kota Nusantara. Image Canva


Pembangunan fisik Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur akan segera di lakukan pada semester II tahun 2022. Nah itu artinya, kurang lebih empat bulan lagi proyek raksasa ini akan benar-benar dimulai Be-emers.

Seluruh kantor pemerintah mulai dari Istana Kepresidenan, kantor Kementerian, Gedung DPR/MPR semua akan pindah ke Kalimantan Timur. Setidaknya juga pemerintah akan memindahkan 500 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) kementerian dan lembaga ke IKN.

Nah, dengan rencana tersebut jika dilihat dari kacamata investor Be-emers IKN mungkin bisa menjadi ladang baru untuk mendapatkan cuan. Karena, PNS yang dipindah tugas ke sana akan memboyong keluarga istri atau anak-anak mereka dengan demikian untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka akan membutuhkan beberapa kebutuhan seperti tempat tinggal, pasar atau swalayan bahkan sampai tempat wisata.

 

Ilustrasi Investasi menjanjikan di Ibu Kota Nusantara. Image Canva

Ilustrasi Investasi menjanjikan di Ibu Kota Nusantara. Image Canva


Be-emin coba rangkum 5 sektor usaha ini yang sekiranya bisa dilirik jadi investasi dari para investor.

1. Properti


Banyaknya PNS yang akan dipindah ke IKN, dan kemungkinan mereka akan memboyong keluarga logikanya mereka akan membutuhkan rumah untuk tinggal ya Be-emers.

Nah kabarnya nilai tanah di Kalimantan Timur khususnya di dekat dengan lokasi IKN harganya sudah naik gila-gilaan. Namun jika para investor mendapat harga yang bersaing dengan lokasi yang strategis layak untuk dibeli dan pastinya itu akan sangat potensial.

2. Hotel dan Pariwisata

Investasi di sektor perhotelan dan pariwisata di wilayah IKN juga cukup menjanjikan. Nantinya berbagai pertemuan penting pemerintah atau lembaga tentu akan banyak dilakukan di Kalimantan Timur. Alhasil, banyak pihak yang akan sering mondar-mandir ke provinsi tersebut.

Selain perhotelan, investor juga dapat menggarap bisnis di sektor meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE). Sebab, pemerintah pasti akan melakukan banyak seminar atau pertemuan lain untuk urusan kenegaraan.

3. Sekolah

Sektor pendidikan juga merupakan salah satu sektor penting melihat jumlah penghuni IKN nantinya. Pemerintah kemungkinan besar akan menyediakan sekolah negeri dari SD-SMA. Namun, jarang untuk level TK, Play Group, dan Daycare.

Dari peluang ini para investor layak untuk mencoba membangun sekolah baik yang bertaraf nasional ataupun internasional. Kesibukan para orang tua dengan pekerjaan seringkali juga harus terpaksa menyekolahkan anak sejak usia dini. Dengan demikian sekolah Play Group bahkan penitipan anak daycare juga menjadi peluang cuan untuk investor.

4. Hiburan

Sektor hiburan ini menjadi sektor yang juga tidak kalah penting, bioskop, pusat perbelanjaan, warung makan, café, dan tempat karaoke misalnya. Jadi para PNS yang bosan setelah satu pekan bekerja dan butuh refreshing bisa datang ke lokasi-lokasi tersebut.

Bisa juga tempat wisata untuk keluarga, seperti indoor dan outdoor theme park juga cocok untuk dijadikan investasi. Kelengkapan berbagai fasilitas di IKN ini nantinya juga akan membuat para PNS semakin betah untuk bekerja sehingga meningkatkan perputaran uang.

5. Minimarket atau Groceries

Selain itu, bisnis minimarket atau supermarket juga menarik. Sebab, kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan pokok juga akan meningkat seiring dengan migrasi ratusan ribu PNS ke Kalimantan Timur.

Sektor ini bisa dikatakan sangat potensial Be-emers, pemenuhan untuk kebutuhan pokok harian, mingguan, dan bulanan ini merupakan kegiatan perbelanjaan yang rutin dan selalu dilakukan.

Nah Be-emers, itu tadi 5 potensi investasi di Ibu Kota Negara baru. Jadi Be-emers udah pilih belum mau invest di bidang apa di IKN? Atau kalian justru kalian sudah bersiap untuk menjadi PNS di IKN?

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung