Tips Mengatur Keuangan dengan Baik Saat Pandemi COVID-19

Tips Mengatur Keuangan dengan Baik Saat Pandemi Covid-19 (Sumber Gambar: www.bowosusilo.com)

Tips Mengatur Keuangan dengan Baik Saat Pandemi Covid-19 (Sumber Gambar: www.bowosusilo.com)

Like

Halo teman-teman semua.. Apa kabar nih? Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan ya, Aamiin..

Ditengah pandemi seperti sekarang ini tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi, karena hampir semua sektor terkena dampaknya. Mulai dari perusahaan besar, UMKM, dan lain sebagainya. Bahkan sudah banyak juga para karyawan perusahaan yang kontrak kerjanya tidak diperpanjang, banyak juga yang sudah dirumahkan atau PHK.

Pandemi ini memang benar-benar memiliki dampak yang luar biasa, bahkan sampai sekarang pun data penambahan kasus covid-19 terus mengalami peningkatan. Ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja sih, namun seluruh masyarakat juga harus aware dengan pandemi ini. Bagaimana caranya, ya dengan selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Saya pribadi, sudah kurang lebih empat bulanan beraktivitas dirumah aja. Ya, kalaupun keluar ketika ada kebutuhan yang penting saja seperti belanja kebutuhan makanan, atau karena ada pekerjaan yang mendesak dan memang harus keluar. Selebihnya saya beraktivitas dirumah aja dan terus melakukan hal-hal positif.

Kemarin saya juga sempat baca-baca artikel di bisnis.com, ternyata banyak para pekerja yang dirumahkan atau PHK, yang langsung klaim BP Jamsostek. Jumlah para pekereja yang di PHK dan langsung klaim BP Jamsostek mencapai 78 persen. Lonjakan ini terus terjadi karena PHK di Indonesia masih terus terjadi sampai sekarang. Nah ketika klaim sudah dilakukan, tentu masyarakat harus bisa mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Jika ceroboh, tentunya akan kesusahan dikemudian hari.  


Saat pandemi seperti sekarang ini “mengatur keuangan” sangatlah penting untuk bisa dilakukan dengan sebaik mungkin. Ya, jangan sampai ditengah krisis seperti sekarang ini malah banyak menghambur-hamburkan uang. Lalu bagaimana sih tips mengatur keuangan dengan baik ditengah pandemi seperti sekarang ini.

Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi

Nah kali ini saya mau berbagi tips bagaimana cara mengatur keuangan ditengah pandemi covid-19. Berikut adalah tipsnya:
  • Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran Dengan Baik
Tips yang pertama ini sangat penting untuk mengatur keuangan agar tetap stabil. Ya, jangan sampai lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Jika tidak mencatat dengan baik, maka bisa terjadi pengeluaran yang membengkak. Tetapi jika ada pembukuan yang jelas, maka akan terlihat uang pemasukan dan pengeluaran seimbang apa tidak.
  • Kurangi Nongkrong Bersama Teman-teman
Ini sudah semestinya dilakukan oleh kita semua ya. Apalagi dikondisi pandemi seperti ini. Biarpun sudah masa transisi PSBB, jika tidak ada urusan yang penting maka lebih baik dirumah saja. Selain aman buat diri sendiri, tentunya aman juga buat kantong hehe. Biasanya uang untuk nongkrong ini lumayan gede lho, jadi jika bisa dihemat tentu akan lebih baik.
  • Utamakan Kebutuhan Primer
Ditengah pandemi covid-19, tentunya harus pintar-pintar dalam belanja kebutuhan. Utamakan dulu kebutuhan primer, selain itu kalau bisa ditahan dulu. Kita tidak pernah tahu, pandemi ini akan sampai kapan. Jadi harus jaga-jaga dan mengatur pengeluaran dengan sebaik mungkin.
  • Sebisa Mungkin Menyisihkan Uang untuk Investasi
Setiap harinya harus bisa menyisihkan uang untuk investasi. Berapapun nominalnya, tidak usah muluk-muluk, yang penting bisa konsisten. Ini akan sangat membantu pada suatu hari saat ada kebutuhan mendesak. Tapi jika tidak memiliki investasi, tentunya akan kelabakan saat ada kebutuhan mendesak.
  • Mencari Sumber Pendapatan Tambahan
Tips yang terakhir ini sangat penting. Jika bisa mencari pendapatan tanmbahan, tentunya keuangan akan semakin baik. Jadi gaji pokok dari kantor, bisa dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan jangan lupa ditabung. Nah untuk hasil tambahan lainnya bisa ditambahkan juga untuk ditabung atau buat investasi. Oiya jangan lupa juga untuk sedekah ya teman-teman. Berapapun itu, yang penting ikhlas biar rezeki kita selalu ditambah, Aamiin..

Oke, itu dia tips mengatur keuangan dengan baik saat pandemi covid-19 ala saya. Semoga bermanfaat ya teman-teman.

Stay Healthy and Stay Positive !

Regards,
Bowo Susilo