5 Kunci Sukses Menghadapi Tantangan Bisnis Online

Ilustrasi seller online yang kebanjiran order. (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi seller online yang kebanjiran order. (Sumber gambar: Canva)

Like

Melihat kebanyakan orang yang sukses karena menjalankan bisnis online, memang lah sangat menggiurkan dan menjanjikan. Apalagi, mengelolanya pun terlihat mudah karena hanya menggunakan jaringan internet saja.

Namun, dibalik semua itu, nyatanya menjalani bisnis online juga ada tantangannya lho.Tak sedikit orang yang akhirnya memutuskan jualan online, tapi malah boncos dan rugi karena tak mampu menjawab tantangan bisnis online yang setiap hari terus berkembang dengan pesat. 

Hal ini juga yang menjadi ketakutan sendiri bagi para pemula untuk memulai atau memperluas segmen bisnis yang dimiliki secara online.

Nah, kalau Be-emers merupakan salah satu pegiat bisnis online. Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami nih, supaya bisnismu berjalan lancar dan tentunya dapat dikembangkan.

Berikut ini, ada beberapa kunci sukses yang perlu Be-emers perhatikan dan pelajari dalam menjalankan bisnis online.


Baca Juga: Panduan Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

 

Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Online


1. Pahami Target Pasar

Strategi pemasaran bisnis online sebenarnya tak terlalu berbeda dengan bisnis konvensional. Kunci pertamanya adalah menetapkan target pasar. 

Dengan menentukan tujuan pasar, kamu pun tak akan lagi kebingungan dalam membuat strategi pemasaran produk. Sebab, sudah jelas akan ditargetkan kemana dan siapa yang nantinya jadi calon konsumenmu.

Misalnya, produkmu adalah serum kecantikan wajah yang mampu mengurangi garis halus. Maka tentu saja target pasarmu adalah seorang Ibu rumah tangga atau berusia di atas 25 tahun.
 

2. Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Be-emers dapat membuat konten digital yang menarik, memberikan perhatian konsumen melalui iklan di media sosial, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, bisnismu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tanpa bersusah payah seperti melakukan hard selling. Selain itu, untuk bisa menggaet konsumen. Tentunya dalam membuat iklan, kamu pun perlu menggunakan foto, logo, atau kemasan yang menarik.

Tak ada salahnya untuk menyusun sedikit strategi menggunakan beragam promosi, agar konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produkmu.
 

3. Manajemen Stok yang Baik

Nah, kalau sudah masuk ke ranah online dan membuka tokomu di marketplace. Jangan lupa untuk memperhatikan manajemen stok barang, ya. Karena mengelola produk tak hanya seputar menghitung ketersediaan barang saja, tapi juga pencatatannya dan kamu harus melakukan penyimpanan barang yang baik.

Tanpa keahlian mengelolanya, bisnismu akan mudah kehabisan barang, kehilangan pembeli, bahkan mengalami kerugian akibat barang dagangan mu kadaluarsa atau usang sebab tak disimpan dengan baik.

Demi mempermudah dalam manajemen stok barang, Be-emers juga bisa lho untuk menggunakan sistem barcode dan hybrid warehouse untuk menghemat biaya. Jika ada barang yang sudah terlalu lama disimpan, kamu pun dapat membuat sistem diskon dan flash sale untuk mempercepat penjualan stok barang lama.
 

4. Pahami Keinginan Konsumen

“Pembeli adalah raja” merupakan salah satu ungkapan yang menjadi moto nomor satu bagi para pemilik bisnis. Kepuasan dan penilaian konsumen lah yang akan membantu bisnismu berkembang.

Berbeda jika pelayanan yang kamu berikan sangat buruk, seperti barang yang tidak sesuai dan pengemasan yang tidak aman. Maka kamu bisa kehilangan pembeli dan mengalami penurunan penjualan.

Selain itu, karena kebutuhan konsumen yang beragam. Kita pun dapat menambah jenis produk yang kita jual sesuai keinginan pasar.

Baca Juga: Punya Bisnis Online? Kenali Dulu Yuk Bentuk-bentuk e-Commerce
 

5. Punya Partner Finansial yang Tepat

Melansir Forbes, salah satu trik paling penting untuk bisa meningkatkan kenyamanan konsumen, yaitu dengan menawarkan beberapa metode pembayaran yang mudah diakses dan dipahami.  Banyak ditemui kasus gagal membeli hanya karena konsumen merasa bingung dan kesulitan saat melakukan pembayaran.

Nah, oleh karena itu, pastikan Be-emers punya partner finansial yang tepat dan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi. Baik itu untuk internal bisnis mu maupun transaksi dengan konsumen.

Gimana Be-emers? Semakin mantap kan untuk membuka bisnis online?



Editor: Rachma Amalia