Digitalisasi Bisnis Kunci Sukses Pertumbuhan Ekonomi Era Sekarang

Belanja Online (Sumber: Foto oleh Pixbay via https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-menggunakan-ipad-35550/

Belanja Online (Sumber: Foto oleh Pixbay via https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-menggunakan-ipad-35550/

Like

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan di berbagai sektor. Bahkan, banyak sektor yang sebelumnya tidak diprediksi mengalami perubahan, akhirnya turut terkena efek dari kemajuan teknologi yang luar biasa.

Salah satunya adalah kegiatan berbisnis. Dari segi pemasaran hingga penjualannya, saat ini bertransformasi menjadi sebuah sistem digitalisasi bisnis yang jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan sistem konvensional.

Transformasi bisnis konvensional ke arah digitalisasi berguna untuk meningkatkan penjualan dengan jangkauan pasar yang lebih luas, peningkatan efisiensi selama proses transaksi serta meningkatkan pengalaman pelanggan dengan hadirnya sistem serta fitur-fitur pendukung lainnya.

Digitalisasi bisnis sendiri merupakan proses perpindahan model bisnis konvensional ke arah bisnis digital. Selain itu, digitalisasi bisnis dalam arti lain adalah sebuah proses untuk mengubah segala bentuk kegiatan bisnis, baik dari cara berkomunikasi, interaksi hingga sistem transaksinya melalui pemanfaatan teknologi.

Dengan melakukan digitalisasi suatu bisnis, maka pelaku usaha akan mampu memperluas jangkauan pasar dan mempercepat aktivitas bisnis dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada.


Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memulai proses digitalisasi bisnis agar tidak salah arah dan mengalami kerugian. Dikutip dari laman resmi Glints, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetapkan tujuan yang jelas.

Baca Juga: Ide Bisnis Digital dari Video Pendek

Dengan memiliki tujuan yang jelas, maka pengembangkan bisnis secara digital akan tersusun rapi dan sistematis, sehingga kita dapat mengetahui tujuan seperti apa yang hendak dicapai.

Kedua, membentuk sebuah tim yang solid dan mumpuni. Jika telah mengetahui tujuan yang jelas, maka yang diperlukan selanjutnya adalah membentuk sebuah tim yang solid dan memiliki kemampuan yang mumpuni.

Dengan hadirnya tim tersebut, tentu bisnis digital yang dijalankan, akan sangat berkembang. Terlebih, bisnis ini menuntut penggunaan teknologi, maka dibutuhkan tim yang sudah terbiasa dengan penggunaan teknologi.

Ketiga, yaitu memahami kebutuhan pelanggan. Kemampuan untuk memahami kebutuhan pelanggan menjadi salah satu senjata pamungkas agar mengetahui target pasar yang diincar. Cara yang ampuh untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan riset kebutuhan konsumen.

Keempat, mengolah dan mengoptimalkan data yang didapatkan. Cara ini berfungsi untuk mengambil keputusan bagaimana langkah yang diambil kedepannya guna mengembangkan bisnis yang dijalankan. Selain itu juga, dengan data tersebut, kita dapat memberikan pelayanan optimal bagi pelanggan.

Terakhir adalah menentukan strategi yang tepat. Strategi dalam hal ini berupa bagaimana mengembangkan produk, pemasaran, distribusi hingga hal-hal teknis lainnya.

Itu dia penjelasan singkat terkait digitalisasi bisnis yang saat ini banyak diterapkan. Hal tersebut tentu menandakan, bahwa masyarakat kian hari semakin melek akan kemajuan teknologi, sehingga manfaat teknologi dapat diaplikasikan ke pengembangan bisnis.

Baca Juga: Milenial Wajib Coba! 4 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital





Editor: Rachma Amalia