4 Situs Rekomendasi Lowongan Kerja Remote

Situs kerja remote (Sumber gambar: pexels.com/@ekaterina-bolovtsova)

Situs kerja remote (Sumber gambar: pexels.com/@ekaterina-bolovtsova)

Like

Kemunculan sistem kerja secara remote telah mengubah dunia termasuk di negara Indonesia setidaknya beberapa tahun ke belakang. Dulu, kita harus bangun pagi-pagi untuk sampai ke kantor agar terhindar kemacetan atau takut ditinggal kereta.

Dengan kerja remote, kamu bisa terhindar dari hal-hal tersebut. Kamu hanya tinggal mencari lokasi ternyaman untuk dijadikan tempat kerja. Apalagi kamu bisa berpeluang bekerja di perusahaan asing tanpa perlu ke luar negeri.

Baca Juga: Work From Home (WFH) Bakal Jadi Tren Baru Usai Pandemi, Sudah Siap?

Pekerjaan remote ini bisa diperoleh secara online, seperti melalui situs-situs lowongan kerja. Selain mudah dan cepat, kamu bisa mendapat informasi tipe lowongan kerja remote secara lengkap. Ada yang menyediakan pekerjaan fulltime, internship, kontrak, part-time, atau freelance.

Tidak seperti era sebelumnya, dimana seorang pencari kerja harus pergi ke perusahaan yang akan dilamar dan menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.


Walaupun memiki banyak keuntungan mencari pekerjaan remote secara online, namun ada satu kekurangan, yaitu kita tidak tahu situs-situs mana yang bisa dipercaya sehingga terhindar dari lowongan kerja abal-abal.

Baca Juga: Situs Freelancer Indonesia Terpercaya, Side Job Hunter Wajib Tahu!

Selain itu, situs-situs online masih sedikit menyediakan fitur khusus untuk menemukan lowongan kerja remote. Dimana, pencari kerja harus memastikan setiap lowongan, apakah pekerjaan ini bisa bekerja remote atau tidak.
 

Nah, berikut 4 situs rekomendasi yang sudah menyediakan fitur khusus mencari lowongan kerja remote:

 

1. Glints

Situs pertama yang bisa dicoba adalah Glints. Perusahaan startup ini berasal dari Singapura. Fasilitas yang disediakan oleh glints seperti lowongan kerja, jasa konsultasi, dan pelatihan pengembangan karier.

Glints bisa diakses melalui website ataupun lewat aplikasi. Tampilan yang disajikan sangat user friendly sehingga mempermudah pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diimpikan. 

Tipe pekerjaan yang bisa ditemukan di Glints adalah pekerjaan magang, fulltime, part-time, dan freelance. Selain itu, Glints sudah menambahkan fitur lowongan kerja remote untuk  di Indonesia maupun luar negeri.
 

Situs lowongan kerja remote, Glints

Situs lowongan kerja remote, Glints


Sebagai contoh, kamu ingin mencari lowongan kerja remote sebagai admin di Indonesia. Nah, berikut cara untuk mencari lowongan kerja tersebut di Glints:
  • Di kolom search, ketik admin
  • Pilih lokasi Indonesia, kemudian klik tombol cari
  • Di bagian baris pojok kanan, pilih bisa kerja remote dan paling baru
 
Dari tahapan tersebut, kamu bisa menemukan perusahaan mana yang ingin kamu lamar sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.
 

2. Linkedin

Situs kedua yang bisa kamu coba adalah di Linkedin. Sama dengan Glints, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk melihat lowongan kerja remote melalui website atau aplikasi.

Linkedin memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pesaingnya yaitu tampilannya dikemas dalam bentuk media sosial untuk kalangan profesional. Sebagai pencari kerja, Linkedin sangat bermanfaat untuk memantau perkembangan perusahaan yang diimpikan.
 

Situs lowongan kerja remote admin, Linkedin

Situs lowongan kerja remote admin, Linkedin


Nah, berikut tahap untuk menemukan pekerjaan remote di Linkedin melalui website adalah:
  • Ketik admin di bagian kolom tombol search
  • Pilih di kategori job dan remote
  • Pilih tipe pekerjaan yang akan kamu pilih (fulltime, part-time, kontrak, magang)
 

Baca Juga: 12 Website untuk Freelancer Supaya Makin Produktif
 

3. Kalibrr

Situs ketiga yang bisa kamu coba adalah Kalibrr. Kalibrr dikenal sebagai pihak ketiga dalam pendaftaran kerja di startup ternama seperti Tokopedia, IDN Times, Shopee, dan lain-lain.
 

Situs lowongan kerja remote admin, Kalibrr

Situs lowongan kerja remote admin, Kalibrr


Kamu bisa mengaksesnya pekerjaan remote melalui website dan aplikasi. Berikut langkah untuk kamu yang ingin mencari lowongan kerja remote admin melalui website:
  • Di homepage, ketik di kolom search “admin
  • Di bagian lokasi, pilih bekerja dari rumah (remote)
  • Tentukan tipe pekerjaan yang dipilih (fulltime, part-time, freelance, kontrak)
 

4. Tech in Asia

Situs terakhir untuk mencari pekerjaan remote adalah di situs Tech in Asia. Tech in Asia merupakan perusahaan startup media yang khusus membahas dunia teknologi dan perkembangan startup yang ada di Asia.
 

Situs lowongan kerja remote data entry, Tech in Asia

Situs lowongan kerja remote data entry, Tech in Asia


Salah satunya fasilitas yang sediakan adalah menyediakan lowongan kerja startup. Misalnya, kamu ingin mencari lowongan kerja remote data entry. Berikut tahapnya:
  • Pilih job di bagian menu
  • Ketik data entry di bagian kolom tombol search
  • Di bagian location pilih remote
 
Kekurangan Tech in Asia adalah hanya menyediakan fasilitas pencarian lowongan kerja melalui website. Berbeda dengan situs lowongan kerja lainnya seperti Glints, Linkedin, dan Kalibrr yang bisa diakses melalui aplikasi.

Dari keempat situs lowongan yang sudah dijabarkan, adakah yang membuat kamu tertarik untuk mencari lowongan kerja remote?

Ngomong-ngomong, sebelum kamu melamar pekerjaan pastikan kamu sudah mempersiapkan curriculum vitae (CV)  dan portfolio yang menarik ya. Semoga beruntung!!





Editor: Rachma Amalia