Belajar Cuan: Langkah Memulai Bisnismu

Belaja Cuan Bisnis Muda Day Langkah Memulai Bisnismu - Image: JIBI/Bisnis/Abdurachman

Belaja Cuan Bisnis Muda Day Langkah Memulai Bisnismu - Image: JIBI/Bisnis/Abdurachman

Like

Hai Be-emers, adakah di sini yang masih bingung bagaimana cara memulai bisnis? 

Nah, kali ini kita mendapatkan insight dari pakarnya yaitu oleh Sarah Diana Oktavia (founder Roti Eneng dan Sepering Cerita) dan Mas Aditya Surya Permana (Kepala Divisi Sistem Informasi & Teknologi PIP di bawah Kementerian Keuangan).

Pertama, dimulai dari Sarah Diana Oktavia yang merupakan ex-karyawan advertising agency selama 12 tahun dan juga ex-atlet basket. 

Sarah memulai bisnisnya pada tahun 2014 yaitu Roti Eneng sambil bekerja di kantor advertising agency.

Tanpa ada pengalaman dan background ilmu bisnis, Diana memulai membuka warung kecil dengan nama brand yaitu Roti Eneng di Pasar Santa.
 

Ada 4 Simple Resep dari Sarah Diana untuk Be-emers yang Ingin Memulai Bisnis

 

Langkah mulai bisnis dari Roti Eneng

Langkah mulai bisnis dari Roti Eneng

 

1. Goal Tanpa Adanya Daily Intention = 0

Punya ide brilian tentang bisnis tapi tanpa memulai, ini sama aja mustahil. Ada yang ingin memiliki banyak franchise tapi nyatanya ide tersebut hanya ucapan semata.


Beberapa alasan yang sering terdengar mengapa ide bisnis tidak terealisasi adalah
  • Takut usaha gagal
  • Tidak ada modal usaha
  • Tidak ada tempat untuk buka usaha
  • Merasa belum punya kemampuan berbisnis
  • Tidak ada waktu
Oleh karena itu, belajar dari pengalaman Sarah Diana di mana memulai membuka roti eneng dengan goal yang kecil dulu. Dia memulai membuka warung kecil pada tahun 2014 sampai akhirnya sebesar sekarang.

Baca Juga: Bingung Memulai Bisnis? Ini Tips yang Perlu Kamu Perhatikan

Catatan Be-emers, ayo hilangkan mindset untuk selalu perfect. Terkadang hal tersebut membuat kamu tidak akan memulai apa yang diimpikan. Lakukanlah sekarang! Jika ada kegagalan atau kesalahan maka bisa langsung diperbaiki.
 

2. Be Curious, Observe! Seperti Anak Berumur Lima Tahun

Tips kedua adalah jadikan dirimu seperti anak berumur lima tahun di mana selalu ingin tahu segalanya. Seperti kisah penemuan benda cup sleeve oleh Jay Sorensen pada tahun 1991.

Berawal saat Jay mengantar anaknya ke sekolah. Dia membeli kopi panas dan karena panas, kopi tersebut jatuh sehingga menyebabkan jarinya terkena kopi yang panas tersebut.

Dari masalah tersebut, Jay Sorensen berhasil menemukan cup cleeve dan sekarang menjadikan dia sebagai orang terkaya di Utah.
 

mulai berbisnis dengan ide cup sleeve

mulai berbisnis dengan ide cup sleeve


Be-emers, menemukan ide tidak perlu harus bersekolah di universitas terfavourite. Asalkan kamu mau observasi apa yang dibutuhkan orang, kemungkinan kamu akan menemukan ide tersebut.

Nah, ini hasil ide brilian dari Sarah Diana yaitu berhasil membuat Roti Bunting Salju. Roti ini dikenal sebagai roti dengan rasa dingin pertama yang ada di Indonesia.
 

Mulai bisnis dengan menghasilkan ide roti bunting susu

Mulai bisnis dengan menghasilkan ide roti bunting susu


Ide ini muncul saat melihat kondisi Jakarta yang sangat panas. Dari situ, Sarah Diana ingin membuat produk dengan sesuatu yang dingin. 

Akhirnya munculah ide bagaimana mencoba membuat roti dengan kondisi dingin. Dengan riset hampir dua tahun, akhirnya menghasilkan produk Roti Bunting Salju.
 

3. Be Happy to Fail

Langkah ketiga adalah terus mencoba dan jangan takut kegagalan. Tidak ada orang-orang terkenal di dunia yang tidak merasakan kegagalan. 

Seperti Steve Jobs dipecat di perusahaan Apple, Michael Jordan karena insecure memiliki tubuh kecil, JK Rowling ditolak dari Oxford University, dan Elon Musk dipecat dari perusahaan Paypal.
 

4. Biarkan Orang-Orang Mencuri Ide Bisnis Kamu

Ketika kamu menghasilkan ide bisnis dan diduplikat oleh orang lain, biarkan saja. Jangan sampai membuat kamu marah. Karena di dunia bisnis, hal tersebut sudah lumrah (biasa). Lampiaskanlah kemarahan kamu untuk membuat ide brilian selanjutnya.
 
Memulai bisnis bukan hanya viral pada tahun tertentu tapi pastikan bisnis kamu bisa sustain dan survive untuk tahun-tahun selanjutnya.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Mulai Bisnis Ini untuk Menjadi Sukses

 

Program PIP UMi untuk Dukung Modal Usaha

Nah, bagi Be-emers yang punya ide yang ingin memulai bisnis namun terkendala dengan modal usaha, jangan putus asa. 

Mas Aditya selaku bagian PIP Kemenkeu memberikan informasi bahwa ada program untuk mendukung kamu untuk berwirausaha muda.

Program ini adalah UMi Youth Preneur pada tanggal 23-24 Juni 2022. Di mana, kamu akan diberikan pinjaman modal maksimal sepuluh juta rupiah. 

Syarat untuk mendapatkan pinjaman modal adalah dengan membuat proposal. Bagi kamu yang bingung cara membuat proposal, nanti akan diajarkan.

Bagi kamu yang lolos, pemerintah juga akan membimbing kamu untuk memulai usaha bisnis. Info lebih lanjut cek di Umi Youth Preneur ya.
 


Editor: Rachma Amalia