Kiat Berhemat Selama Pandemi

kiat hemat selama di rumah

kiat hemat selama di rumah

Like

Kita tahu pandemi Covid-19 ini belum bisa kita hindari sepenuhnya. Semua orang terdampak, baik kaya, miskin, tua, muda, di kota maupun di desa.

Hampir di semua negara merasakannya. Kita mengalami banyak sekali perubahan oleh virus kecil bernama Corona. Mulai dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari; menaati protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah melalui lembaga kesehatan seperti menggunakan masker setiap keluar rumah, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, psychal distancing, social distancing; hingga bagaimana cara kita mengatur hidup ini tetap selaras dan berjalan dengan semestinya walau diterpa ujian dan cobaan oleh Covid-19.

Ada sebagian orang yang harus kehilangan pekerjaan, pendapatan penurun, bisnis terhenti, dan sebagian lagi mencoba bertahan dengan sisa-sisa tabungan karena penghasilan dan kondisi ekonomi yang belum begitu stabil. Masalah ekonomi ini jelas sangat terasa sekali oleh sebagian keluarga yang berada di tingkat ekonomi menengah ke bawah.

Namun tentunya, selama ada usaha, setiap masalah yang kita hadapai pastilah ada solusi -sekecil apapun itu. Untuk bertahan di tengah pandemi covid-19 yang masih belum menentu kapan akan berakhir, kita harus pintar-pintar mengatur perencanaan keuangan.

Tak hanya saat ada musibah saja, namun punya pengelolaan keuangan itu penting kita lakukan. Agar ketika kita mengalami kejadian tak terduga seperti sekarang, kita masih punya pegangan (tabungan) untuk kebutuhan sehari-hari dan beberapa bulan ke depan sampai kondisi bisa kembali normal seperti semula.


Nah, agar tabungan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan anggota keluarga, kita pun harus bisa melakukan penghematan. Beberapa kiat berhemat di saat pandemi berikut mungkin bisa kita terapkan dalam mengatur keuangan selama di rumah saja.
  • Membuat Daftar Belanja
Nyatanya, membuat daftar belanja dapur dan kebutuhan pokok lainnya untuk kebutuhan selama seminggu bisa menghemat pengeluaran. Karena apa yang ingin kita beli sudah tau rinciannya apa saja. Daftar belanjaan ini juga sebagai pengingat untuk tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan.
  • Masak Sendiri
Selain membuat daftar belanjaan, memasak sendiri makanan selama di rumah terbukti menjadi salah satu kiat berhemat. Apalagi jika kita sudah membuat daftar menu lauk pauk yang ingin dimasak.

Kita tidak lagi pusing memikirkan ingin masak dan makan apa. Semuanya teratur sesuai budget.
  • Hemat Energi
Selama di rumah saja, pastinya kita tidak bisa lepas dari gadget. Buat yang work from home dan study from home, mungkin laptop ataupun komputer akan selalu menyala. Dan ini tentunya akan menyebabkan energy listrik terus terpakai.

Untuk itu, kita juga harus bisa hemat energi agar tagihan listrik tak membengkak dan justru membuat keuangan kita menjadi berantakan. Usahakan matikan arus litrik yang tak terpakai. Hemat energi juga untuk mengurangi dampak penyebab perubahan iklim.
  • Kurangi belanja online yang tidak perlu
Terkadang sebagai manusia, kita mudah sekali tergoda untuk berbelanja. Apalagi saat ini online shop menjamur, ditambah jika sudah melihat deretan diskon yang ditawarkan, free ongkir, dan sebagainya.

Padahal, barang-barang tersebut belum tentu akan berguna. Pikirkan lagi, apa yang kita perlukan dan butuhkan.

Pengelolaan keuangan ini harus bisa kita lakukan secara disiplin sampai kita benar-benar mampu untuk bisa sedikit lega dan bebas dari kesulitan selama di rumah saja saat pandemi Covid-19 dan seterusnya, tentunya. Kreatifitas selama pandemi juga kudunya lebih ditingkatkan untuk menambah penghasilan. Jika tak punya keahlian tertentu, mungkin kita bisa mulai belajar dengan mengikuti kelas-kelas online yang gratisan.