Hati-hati! Ini Ciri Kamu Kena 'Kanker' alias Kantong Kering

Ciri Kamu Kena Kanker alias Kantong Kering Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Ciri Kamu Kena Kanker alias Kantong Kering Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Bukan cuma penyakit kanker yang membahayakan tubuh kita. “Kanker” alias kantong kering juga bisa membahayakan kondisi keuangan kita lho.

Kalau kata konsultan keuangan Goenardjoadi Goenawan, yang dilansir dari Harian Bisnis Indonesia, kondisi kesehatan keuangan itu sama aja kayak hasil tes darah.

Hasil tes kesehatan bisa aja kelihatan sehat, tapi enggak tahu beberapa tahun lagi kayak gimana. Begitu juga sama keuangan.

Baca Juga: Begini Cara Pulih dari 'Kanker' alias Kantong Kering
 

Ciri-Ciri Keuangan Kamu Masuk Kategori Kanker Kering

Mungkin sekarang kondisi keuangan kamu kelihatan baik-baik aja karena kamu masih bisa menutupi kebutuhan dengan penghasilan atau pinjam uang. Hmm.. hati-hati nih. Soalnya bisa jadi kondisi keuangan kamu enggak sehat.

Nah, ini ciri-ciri kena “kanker” alias kantong kering yang perlu kamu hindari dari sekarang.


 

Ciri Kamu Kena Kanker alias Kantong Kering Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Ciri Kamu Kena Kanker alias Kantong Kering Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

 

1. Pengeluaran Lebih Besar dari Penghasilan

Ciri-ciri pertama yang terlihat kalau kondisi keuangan kamu enggak sehat adalah ketika pengeluaran kamu ternyata lebih besar dari penghasilan. Misalnya nih, kamu rela beli smartphone atau barang branded tertentu yang harganya lebih dari penghasilan dengan cara pay later atau kartu kredit.

Bergayalah sesuai dengan isi dompet kamu, Be-emers. Kalau kebiasaan, bisa-bisa kamu malah enggak bisa menikmati penghasilan kamu secara maksimal. Uang kamu pun jadi habis begitu aja dan bisa menyebabkan kantong kering.
 

2. Kejebak Utang

Iya paham, hampir semua orang di dunia ini pasti pernah berutang. Entah itu berutang budi maupun berutang duit. Eits. tapi jangan anggap remeh utang ya.

Kalau terlalu sering pinjam duit alias utang, wah bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain nih. Ibarat gali lubang tutup lubang, keseringan berutang bisa bikin uang kamu malah habis buat melunasi utang semata.

Alhasil, kantong kamu pun bakal lebih sering kering kerontang karena duit yang kamu punya sifatnya cuma sesaat. Apalagi, Goenawan juga bilang kalau seseorang yang umurnya sudah 40-50 tahun ke atas masih punya utang, nah bisa dipastikan kalau keuangannya itu enggak sehat.
 

3. Hidup dari Gaji ke Gaji

Dari kebiasaan pengeluaran yang berlebihan sampai sering berutang, bikin kamu sering kewalahan dalam hal keuangan. Apalagi kalau kamu cuma mengandalkan satu penghasilan alias cuma bisa bertahan hidup dari gaji ke gaji. Itu bisa berbahaya lho.

Dilansir dari Bisnis.com, kalau kamu selalu mengandalkan dan menunggu gaji tiap bulannya, artinya kamu bermasalah dalam mengelola keuangan. Makanya, sebaiknya jangan habisnya gaji sebelum masa gajian berikutnya datang. Lebih baik berhemat atau cari ladang cuan baru biar kamu enggak selalu was-was tiap bulannya.
 

4.Enggak Punya Tujuan Keuangan

Hidup cuma dari gaji, enggak ada dana darurat, enggak punya tabungan apalagi investasi. Wah, ini sih artinya kamu memang “madesu” alias masa depan suram nih.

Padahal, punya tujuan dan perencanaan keuangan itu penting banget biar enggak kena kantong kering.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Butuh Perencana Keuangan

Kalau kita sudah punya perencanaan keuangan yang baik beserta tujuannya, otomatis kita jadi bisa tahu porsi pengeluarannya juga. Risiko kena “kanker” alias kantong kering pun jadi kecil deh.


Nah, kira-kira kamu masuk ke dalam ciri-ciri di atas enggak nih, Be-emers? Hihi.



Mau cerita atau artikel kamu dipublikasi di Bisnis Muda?

Yuk, tulis aja pengalaman kamu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.