Deretan Tips Membuat Kerajinan dari Anyaman, Mulai dari Tikar hingga Piring!

Kursi Anyaman (Sumber gambar: Instagram.com/interiorcafe.id)

Kursi Anyaman (Sumber gambar: Instagram.com/interiorcafe.id)

Like

Anyaman merupakan aktivitas silang menyilang maupun tindih menindih. Bahan yang kamu perlukan untuk menganyam ada beragam. Diantaranya adalah rotan, akar, lidi, bulu, dan lain-lain. 

Selain bahannya yang beragam, fungsinya pun juga. Pada umumnya, anyaman berfungsi untuk barang sehari-hari. Namun, ada juga untuk bahan arsitektur. 

Berikut ini tips membuat kerajinan dari anyaman yang berfungsi untuk barang sehari-hari. 

Baca Juga: Lebih dari Hobi, Intip Peluang Cuan dari Papercraft Yuk!
 

1. Tikar Anyaman

 

Tikar Anyaman Mendong (Sumber gambar: Instagram.com/qejuliana)

Tikar Anyaman Mendong (Sumber gambar: Instagram.com/qejuliana)


Tikar anyaman dapat dibuat dari beragam bahan. Salah satunya adalah tanaman mendong. Cara membuat tikar dari bahan ini memiliki tahapan yang panjang.


Singkatnya, kamu perlu menjemur serta memisahkan tanaman mendong berdasarkan panjang batangnya. Setelah sudah siap, tanaman mendong tadi diberi warna dengan dicelup.

Selanjutnya, masuk ke tahap penenunan. Pada tahap penenunan ini, penenun akan menginjak salah satu alat yang penginjek. Ketika hasil tenunan sudah mencapai ukuran yang sesuai, kamu perlu menjahitnya agar tepian kain tidak terlepas. 
 

2. Kursi Anyaman

 

Kursi Anyaman (Sumber gambar: Instagram.com/interiorcafe.id)

Kursi Anyaman (Sumber gambar: Instagram.com/interiorcafe.id)


Ada 4 tahap yang perlu kamu lakukan untuk membuat kursi anyaman ini. Tahap pertama adalah membuat kerangka kursi. Untuk membuat kerangka kursi yang diinginkan, kamu perlu alat pembengkok.

Tahap kedua adalah penganyaman. Kegiatan anyaman ini berfungsi untuk menutup kerangka kursi. Setelah dianyam, rekatkan menggunakan pake tembak atau staples manual.

Kemudian, tahap yang ketiga adalah memberi warna dasar pada kursi. Setelah itu, masuk ke tahap empat yakni finishing. Dalam tahap ini, kamu perlu mengaplas gar dapat menghilangkan bulu-bulu rotan agar tidak terkena kulit. Selain itu juga berguna menghaluskan permukaan yang semula kasar. 

Baca Juga: Ini Tips Bikin Kerajinan Berbahan Kain Flanel yang Tidak Banyak Dilakukan Orang
 

3. Piring Anyaman

 

???????Piring Lidi Anyaman (Sumber gambar: Instagram.com/grosirkayuunik)

Piring Lidi Anyaman (Sumber gambar: Instagram.com/grosirkayuunik)


Piring anyaman khususnya piring lidi anyaman merupakan jenis piring yang memiliki fungsi yang beragam. Kamu dapat menggunakan dengan tujuan estetika seperti hiasan dinding atau bahkan untuk tujuan fungsional seperti sebagai wadah makan. 

Cara membuat piring lidi anyaman ini adalah kamu perlu menyiapkan lidi yang basah agar mudah membentuknya. Kemudian, mulai anyaman di bagian tengah. Setelahnya, anyaman tadi akan terjadi sebuah proses penyambungan lidi.

Biasanya ini terjadi untuk piring yang mempunyai diameter yang besar. Selanjutnya, kamu perlu memplitur piring lidi anyaman agar tampak mengkilap.