Belajar Bertani di Masa Pandemi

Sumber gambar: Pinterest

Sumber gambar: Pinterest

Like

Menanam tanaman sedang menjadi tren hobi di masa pandemi. Selama kegiatan di luar rumah masih dibatasi, sebagian orang lebih sering menghabiskan waktunya di rumah.

Tentunya kita akan merasa sangat bosan saat berada di rumah. Terlebih lagi, jika seluruh pekerjaan telah selesai dilakukan. Nah, supaya waktu di rumah kita bisa tetap produktif, menanam tanaman ini bisa menjadi solusinya.
 
Kita tidak perlu bingung untuk memulai menanam. Untuk pemula, kita bisa menanam tanaman yang memiliki waktu tumbuh yang cepat seperti kangkung, pakcoy, basil, seledri, bayam, dan lain-lain. Kita juga bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan alat tanam.

Melakukan kegiatan bercocok tanam ini ternyata memiliki banyak manfaat lho. Selain membuat suasana rumah lebih asri dan hijau, menanam juga dapat membantu kita mengurangi stres.

Terlebih lagi, di masa pandemi ini tingkat stres kita bertambah akibat hal-hal yang tertunda. Jadi, menanam bisa membuat kita merasa senang dan bahagia.

Kita juga butuh asupan nutrisi yang bagus untuk tubuh kita agar tetap sehat. Tanaman yang kita tanam bisa jadi penolong bahan makanan kita, karena tentunya akan lebih sehat dan akan terasa lebih nikmat jika memasak sayuran hasil panen sendiri.


Apalagi jika ternyata kita sudah berhasil melakukan kegiatan menanam. Kalau tanaman kita bisa tumbuh subur dan menghasilkan hasil panen yang melimpah, wah bisa jadi penambah sumber penghasilan!

Sebenarnya setiap orang memiliki cara menanam yang berbeda-beda. Semua disesuaikan dengan cara kita merawat tanaman tersebut.

Menanam itu tidak sulit, yang sulit itu diri kita. Jadi, apa kalian sudah tertarik untuk bertanam sekarang?