Sukses dan Viral, Ini Cara Franchise Mixue

Waralaba Mixue. (Sumber: Facebook Mixue Indonesia)

Waralaba Mixue. (Sumber: Facebook Mixue Indonesia)

Like

Pada pertengahan tahun 2022 netizen media sosial ramai membicarakan es krim yang logonya ikonik dengan merk dagang mixue. Kini es krim Mixue telah membuka franchise yang bisa kamu ikuti. Simak caranya dalam artikel ini. 

Viralnya es krim ini membuatnya telah membuka beberapa gerai di Indonesia. Mulai dari kota kecil hingga kota besar, Mixue mulai merambah dan semakin digemari.

Banyaknya gerai Mixue di Indonesia membuat banyak orang yang tertarik dan mempertanyakan cara franchise Mixue. Sebelum itu, kenali dahulu yuk pemeran utama dibalik suksesnya Mixue.
 

Siapa Pemilik Mixue?


Mixue adalah perusahaan waralaba yang produk utamanya adalah es krim dan minuman teh yang berasal dari Tiongkok. Info dari website resmi IDX, Mixue pertama kali berdiri pada tahun 1997, setelah pendirinya, Zhang Hongchao, mengalami kegagalan pada usaha sebelumnya.

Zhang Hongchao masih menjadi mahasiswa tahun keempat saat mendirikan usaha pertama yang menjadi cikal bakal Mixue. Berbekal uang sebesar CNY4 ribu yang jika dirupiahkan sebesar Rp7 juta dari neneknya ia membuka bisnis es serut.


Produk utama yang ditawarkan pada bisnisnya adalah es serut, es krim, dan smoothie. Kemudian Zhang Hongchao mulai menambahkan menu teh susu. Hongchao terus menekuni bisnis ini hingga tahun 2007 mulai membuka tawaran franchise.

Baca Juga: Bisnis Franchise Worth It Enggak Sih???


Cara Franchise Mixue


Bisnis es krim Zang Hongchao berkembang dengan baik. Setelah tahun 2007 Hongchao membuka tawaran franchise, Ia kemudian bekerja sama dengan Zhengzhou Baodao Trading Co., Ltd, seperti yang ditulis Bisnis.com.

Kerjasama Hongchao dengan Zhengzhou Baodao Trading ini dimaksudkan untuk mengembangkan franchise di seluruh Tiongkok yang semakin meningkatkan visibilitas bisnisnya.

Semakin berkembang dan untuk menekan biaya produksi, pada tahun 2012 dan 2014 Mixue membangun pusat produksi dan logistik sendiri. Tahun 2018 Mixue pertama kali ekspansi di luar Tiongkok, yaitu di Vietnam.

Mixue sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 2020 di Bandung, hingga kini kurang lebih sudah ada 300 gerai Mixue di Indonesia. Pemegang hak franchise Mixue di Indonesia adalah PT Zisheng Pacific Trading.

Kamu bisa mengajukan franchise atau membuka gerai Mixue di kotamu dengan menghubungi PT Zisheng Pacific Trading. Tidak ada batasan jumlah untuk mendirikan franchise Mixue.
 

Syarat dan Ketentuan Franchise Mixue


Dilansir dari Bisnis.com, tidak ada sistem royalti atau bagi hasil dalam franchise Mixue. Kamu hanya perlu menyiapkan tempat atau lokasi gerai.

Standar lokasi yang dibutuhkan adalah luas tempat 25 meter persegi, dengan lebar muka minimal 3,8 meter, tinggi plafon terendah 2,7 meter, sumber air bersih yang cukup dan daya listrik sebesar 33.000 watt.

Dalam pengajuan franchise Mixue kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu and mengisi form pengajuan. Setelah itu pihak manajemen Mixue akan menentukan kelanjutan setelah survei.

Jika semua sudah disetujui kamu bisa melakukan penandatanganan kontrak dilanjut pihak manajemen akan menyediakan kontraktor untuk desain gerai. Kamu juga akan mendapat pelatihan terkait pengoperasian gerai.
 

Harga Franchise Mixue


Mengutip dari laman resmi Mixue, biaya untuk franchise Mixue adalah sebesar 370.000 RMB atau sekitar Rp808 juta. Biaya ini sudah mencakup biaya dari awal/dasar hingga gerai buka.

Di Indonesia, PT Zisheng Pacific Trading sendiri memberikan diskon untuk mengurangi biaya franchise khusus untuk pulau Sumatra. Sehingga modal awal yang dibutuhkan hanya berkisar Rp300 juta.

Dengan membayar biaya tersebut kamu akan mendapatkan:
  1. Setting tempat atau interior
  2. Resep menu
  3. Seragam karyawan
  4. X-banner 
  5. Promosi di media sosial
  6. Bahan baku awal
  7. Peralatan dan perlengkapan pembuatan produk
  8. Pendampingan manajemen
Tertarik untuk membuka gerai Mixue di kotamu?

Baca Juga: Berikut 9 Faktor Penting Memilih Franchise

Penulis: Syafira

Kamu juga bisa ikut menulis di website Bisnis Muda, lho. Yuk, mulai tulis pengalamanmu seputar investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, ataupun entertainment di Bisnis Muda dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.