Ini Daftar Saham Klub Bola yang Bisa Kamu Koleksi dan Jadikan Investasi!

Saham Klub Bola. (Sumber: Canva)

Saham Klub Bola. (Sumber: Canva)

Like

Tidak hanya perusahaan formal saja yang bisa menjualkan sahamnya di bursa efek. Klub bola pun bisa mencetak saham dan menjualnya di bursa saham. Apa saja ya saham klub bola yang sudah melantai di bursa efek? 

Ada beberapa klub bola yang sahamnya sudah tercatat di pasar modal, terutama klub bola internasional. Diantara klub bola ini apakah ada klub bola favoritmu?
 

Klub Bola yang Sudah Masuk Pasar Modal


Berikut Bisnis Muda sudah merangkum klub bola yang sahamnya bisa dimiliki oleh pubik.
 

Manchester United (MANU)


Manchester United adalah klub bola asal Inggris yang didirikan tahun 1878. Saat ini kepemilikan klub bola ini dipegang oleh keluarga Glazer. 

Mayoritas sahamnya dimiliki oleh Avram Glazer dan Joel Glazer. Manchester United pertama kali masuk ke Bursa Efek New York atau New York Stock Exchange pada Agustus 2012.


Manchester United menggunakan simbol emiten MANU. Saham dari klub bola ini sendiri cukup dinamis. Sejak awal tahun hingga saat ini tercatat sahamnya mengalami penurunan/minus sebesar 1,70%.
 

Juventus (JUVE)


Juventus yang terkenal di kalangan pecinta sepak bola sebagai Juve merupakan klub asal Turin, Italia. Didirikan pada tahun 1897, Juventus adalah klub bola tertua kedua dan klub olahraga profesional pertama di Italia.  

Juventus go-public pada tahun 2001 dengan valuasi 437 juta euro. Kode saham dari Klub ini adalah JUVE. Kepemilikan sahamnya masih didominasi oleh keluarga Agnelli.  

Baca Juga: Syarat dan Proses Perusahaan IPO dan Go Public

Saham JUVE mengalami pasang surut. Momen kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus pada 2018 membuat harga saham melesat. Meski begitu, grafik saham Juve dari awal tahun hingga kini mengalami penurunan sebanyak 2,22%.
 

AS Roma (ASR)


Klub bola ini berasal dari Roma, Italia. AS Roma didirikan pada tahun 1927 dengan menggabungkan 3 klub bola di Kota Roma. 

AS Roma pertama kali membuka sahamnya untuk publik pada tahun 2000. Pemiliknya pada saat itu, Franco Sensi, melepas sepertiga saham ke publik dengan kode saham ASR.

Seperti klub bola lainnya, saham AS Roma fluktuatif. Namun, data dari Bursa Italia menunjukan saham ASR cukup stabil 2 bulan kebelakang. Dari awal tahun hingga saat ini sahamnya tercatat mengalami peningkatan sebesar 44,84%.
 

Borussia Dortmund (BVB.GR)


Borussia Dortmund menjadi klub bola asal Jerman pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Frankfurt. Dortmund pertama kali dibentuk pada tahun 1909 oleh delapan belas pemain sepak bola dari Kota Dortmund. 

Dortmund pertama kali membuka kepemilikan sahamnya untuk publik pada tahun 2000 dengan kode saham BVB.GR. Kini Dortmund menjadi klub bola yang sahamnya lebih banyak dimiliki oleh publik, persentasenya lebih dari 50%.

Data dari bursa Frankfurt menunjukan performa saham Borussia Dortmund sejak awal tahun kurang baik. BVB.GR sejak awal tahun hingga saat ini tercatat mengalami penurunan sebesar 12,07%.
 

Lazio (SSL)


Lazio adalah klub bola asal Italia lainnya yang berhasil melantai di bursa saham. Klub ini didirikan pada tahun 1910 di Roma. 

Lazio menjadi klub bola pertama yang IPO di Bursa Italia, tepatnya pada tahun 1998 dengan kode saham SSL. Sayangnya, sejak melantai pertama kali hingga saat ini saham Lazio cenderung sentimen negatif. 

Dikutip dari Bisnis.com, Lazio salah perhitungan dengan melantainya di Bursa Italia. Kinerja Lazio di Serie-A kurang mengesankan, sehingga sahamnya tidak menarik dibeli oleh penggila bola atau investor ritel selain penggemar beratnya.

Tertarik untuk koleksi saham klub bola di atas? Atau Be-Emers masih penasaran ada enggak ya, klub bola lainnya yang juga sudah IPO?

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis Muda tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Baca Juga: 5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga 1 Indonesia Musim 2021/2022

Penulis: Syafira

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.