Yuk Ketahui Beberapa Tips dalam Strategi Diskon untuk Promosi Usahamu

Diskon umumnya membuat pelanggan belanja lebih banyak (Sumber gambar: Freepik)

Diskon umumnya membuat pelanggan belanja lebih banyak (Sumber gambar: Freepik)

Like

Tidak dapat dipungkiri lagi, pemberian diskon terhadap produk jualan memang telah menjadi salah satu pilihan alternatif terbaik yang dapat digunakan sebagai ajang promosi. Dengan adanya diskon, perhatian dan keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut cenderung akan meningkat.

Bahkan, sebagian orang juga seringkali memutuskan untuk membeli barang yang sedang diskon meskipun mereka sedang tidak membutuhkan produk tersebut. Hal ini berarti mengindikasikan bahwa pelanggan pada umumnya akan menjadi lebih antusias ketika diskon produk sedang berlangsung.

Akan tetapi nyatanya dalam menerapkan strategi diskon ini, kita tidak dapat melakukannya dengan asal-asalan lho, Be-emers. Sebab, apabila strategi yang dijalankan kurang tepat hal ini justru akan berdampak terhadap penjualan kita.

Baca Juga: Perlukah Beri Diskon atau Promosi Kepada Pelanggan? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan
 

Tips-Tips Menerapkan Strategi Diskon Bagi Produkmu

Oleh karena itu, sebaiknya ketika hendak memberlakukan strategi diskon, kita juga perlu untuk mengetahui dan juga menerapkan beberapa tips yang dapat mendukung strategi diskon tersebut.

Penasaran? Yuk, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

 

1. Menyesuaikan Waktu Pemberian Diskon

Penyesuain waktu dalam strategi diskon sangatlah penting. Kalian dapat memberikan diskon-diskon menarik ketika terdapat momen yang pas, seperti pada Lebaran, tahun baru, Natal, Imlek, dan lain sebagainya.

Di samping itu, kalian juga dapat memberikan diskon bulanan, di mana para konsumen umumnya baru saja memperoleh gajian mereka. Batasan waktu diskon juga dapat menambah antusias pelanggan kalian. Misalnya saja dengan menetapkan diskon produk makanan di jam istirahat kantor.

Namun demikian, sebaiknya kalian jangan memberlakukan diskon berdasar waktu dengan terlalu intens dan teratur karena dapat membuat konsumen cenderung enggan untuk membeli di waktu-waktu biasa tanpa diskon.

 

2. Membuat Konsep Diskon yang Unik

Konsep diskon yang unik dan menarik cenderung lebih dapat menarik perhatian konsumen karena tidak monoton dan tidak membuat bosan. Selain itu, strategi ini biasanya dapat membuat pelanggan kalian menjadi menunggu-nunggu kejutan diskon selanjutnya, di mana hal ini tentu dapat membuat pelanggan lebih setia dengan produk kalian.

Kalian dapat menerapkan tips ini melalui beberapa strategi, seperti  misalnya pemberian diskon berdasarkan nama-nama terpilih ataupun juga berdasarkan hari ulang tahun konsumen. 
 

3. Pemberlakuan Minimal Belanja

Tips pemberlakuan minimal belanja dalam strategi diskon dapat membuat pelangganmu terdorong untuk membeli lebih banyak produk sehingga mereka dapat memperoleh diskon belanja.

Jika mulanya pelanggan sejatinya hanya menginginkan satu jenis produk saja untuk dibeli, tetapi ketika melihat minimal belanja sebagai syarat mendapatkan potongan belum tercukupi. Maka, umumnya mereka akan lebih memilih untuk menambah transaksi belanja agar dapat menikmati diskon harga.  
 

4. Memberikan Gratis Ongkir atau Hadiah Tambahan

Memberikan gratis ongkir dan juga hadiah tambahan juga tidak kalah berperannya dalam menjalankan sebuah strategi diskon. Pada umumnya, konsumen akan menjadi tertarik untuk membeli produk apabila terdapat bonus gratisan, entah itu melalui ongkos kirim atau hadiah tambahan (free gift).

Tips ini dapat kalian kombinasikan dengan tips ketiga, yaitu minimal pembelanjaan. Misalnya saja, kalian menetapkan harga minimal transaksi Rp50.000 untuk kemudian pelanggan dapat menikmati gratis ongkos kirim ataupun mendapatkan hadiah gratis.    

5. Terapkan Faktor Psikologi

Faktor psikologi merupakan faktor yang sangat penting dalam menerapkan strategi diskon. Dengan menjalankan strategi yang turut didasarkan pada faktor psikologi konsumen, kalian dapat lebih memberikan pengaruh yang besar terhadap mereka.

Contoh dari strategi ini dapat kalian lakukan dengan memberikan perbandingan harga sebelum dan sesudah diskon dengan menarik. Pada umumnya, ketika melihat perubahan harga sekecil apa pun itu, konsumen cenderung menjadi lebih terdorong untuk membeli sebuah produk.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips yang dapat kalian terapkan untuk menunjang strategi diskon bagi produk usahamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah informasi baru bagi kalian yaa Be-emers!  


Baca Juga: Jenis-Jenis Media Marketing untuk Promosikan Brand Milikmu!