Menkominfo: Jaga Data Diri Sendiri. Apa Saja Fungsi NIK?

Fungsi NIK. (Sumber: Canva)

Fungsi NIK. (Sumber: Canva)

Like

Peretasan data Kemenkominfo yang mengandung NIK dan alamat masyarakat Indonesia membuat geger. Publik takut dan menyalahkan Menkominfo yang dianggap tidak bisa menjaga data penting. Apa saja fungsi NIK sehingga jadi data yang sangat penting?

Hacker dengan nama panggung Bjorka berhasil meretas data penting milik empat institusi Indonesia. Satu diantaranya adalah data milik pemerintah, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hal tersebut membuat publik marah dan kecewa dengan kinerja pemerintah yang dianggap tidak melakukan tindakan preventif untuk hal semacam ini.

Menurut publik, data yang diretas adalah data penting yang dapat disalahgunakan jika diungkap ke publik secara umum. Dan merupakan tugas Kemenkominfo untuk melindunginya.

Salah satu data yang terungkap dan paling penting adalah NIK milik 1,3 miliar rakyat Indonesia. Seberapa penting NIK sehingga menjadi data rahasia yang tidak boleh disebarluaskan? Apa fungsinya?


Baca Juga: Punya Aset Kripto? Lakukan Ini Agar Aman Dari Hacker
 

Fungsi NIK


NIK merupakan singkatan dari nomor induk kependudukan, data ini dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia.
 

Persyaratan Administrasi Pemerintah


Fungsi paling dasar NIK adalah sebagai pengenal dan persyaratan urusan administrasi pemerintah. Tanpa NIK kamu tidak akan bisa mengurus persuratan resmi dari pemerintah.

Biasanya kamu akan diminta menunjukan NIK dengan KTP jika diatas 18 tahun atau KK jika dibawah 18 tahun. Pada intinya, NIK dapat memudahkan kamu mengurus administrasi pemerintahan.
 

Mengetahui Data Diri


NIK bukanlah nomor acak saja, namun angka yang tersusun dalam NIK mengandung data diri, contohnya tanggal lahir.

NIK terdiri dari 16 angka yang berisi kode tertentu yang menunjukan data. Dari NIK juga dapat diketahui provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan tempat tinggal.
 

Persyaratan Pendaftaran Hal Penting


Beberapa tahun belakangan NIK juga digunakan untuk mendaftar pinjaman online dan pinjaman legal lainnya. Sehingga NIK menjadi data yang sangat penting.

Cukup dengan menunjukan NIK yang ada di KTP maka sudah bisa mendaftar pinjaman online, tanpa konfirmasi kebenaran identitas. Sehingga banyak terjadi penyalahgunaan data.

Melihat fungsi NIK di atas, kita jadi mengerti betapa pentingnya NIK. Maka dari itu penting juga untuk menjaga kerahasiaan NIK. Namun, seberapapun kita menjaga kerahasiaan jika pihak yang kita percaya tidak dapat menjaga akan berbahaya juga.

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.


penulis: syafira