Bercocok Tanam di Polybag: Salah Satu Solusi untuk Bangkit di Masa Pandemi

Bercocok tanam di polybag di sekitar rumah (Sumber gambar : dokumentasi pribadi penulis)

Bercocok tanam di polybag di sekitar rumah (Sumber gambar : dokumentasi pribadi penulis)

Like

Di masa pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan selesainya, perlu ada hal-hal yang kita siasati untuk mengisi aktivitas sehari-hari, salah satunya dengan bercocok tanam di polybag. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan bagi kita yang tidak lagi memiliki lahan yang luas untuk ditanami.

Kita bisa memanfaatkan tempat yang kosong di sekitar pekarangan, di belakang, atau di samping rumah. Dengan bermodalkan polybag, tanah, kompos, dan beberapa jenis bibit tanaman, kita sudah bisa bercocok tanam.

Kapanpun kita bisa memperhatikan dan merawat tanaman tersebut karena berada dekat dengan kita. Ada beberapa manfaat yang kita rasakan ketika berocok tanam di polybag di sekitar rumah. Yang pertama adalah membuat kita lebih segar karena melihat berbagai jenis tanaman yang berwarna hijau, serta menambah keindahan sekitar rumah dan tentu saja hal ini membuat kita tidak jenuh di rumah seharian.

Manfaat kedua adalah hasil dari tanaman tersebut bisa kita konsumsi sendiri. Misalnya, seperti yang kami lakukan dengan menanam sayur sawi di polybag yang berada disamping rumah. Setelah sekitar satu bulan setengah, sudah bisa dipanen dan dikonsumsi.

Begitu juga dengan tanaman lainnya seperti cabe, tomat, dan bawang. Ketika kita mengonsumsi hasil dari tanaman kita sendiri, otomatis sudah meringankan pengeluaran uang belanja, karena tidak perlu lagi membelinya.


Adapun manfaat yang ketiga, hasil tanaman tersebut bisa dijual kalau memungkinkan, apabila kita bercocok tanam dengan jumlah tanaman yang banyak. Tetapi kalaupun tidak bisa dijual, paling tidak kita bisa berbagi dengan keluarga dan tetangga di sekitar rumah yang membutuhkan. Sehingga, hal tersebut bisa menjadikan rasa kekeluargaan yang terjalin semakin baik.

Dengan bercocok tanam dirumah menolong kita untuk tetap bertahan dan bangkit di tengah pandemi...

Ayo bangkit dan tetap semangat ...

#youngcompetitionbisnismudaid
#bisnismuda
#bangkitdaripandemi