Bisnis lewat TikTok. (Sumber: Canva)
Likes
Perkembangan media sosial TikTok yang sangat cepat membuat orang mulai memperhitungkannya sebagai media berbisnis. Ini dia beberapa tips bisnis lewat TikTok yang bisa kamu terapkan.
TikTok adalah media sosial besutan perusahaan China, ByteDance. Sejak berdirinya tahun 2018, TikTok sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.
Konten TikTok semakin beragam, kini tidak hanya konten hiburan namun orang-orang sudah mulai menggunakan media sosial ini sebagai kanal berbisnis.
Bagi kamu yang sedang mengembangkan bisnis, kamu bisa mulai mempertimbangkan TikTok dan menerapkan beberapa tips ini.
1. Buat Konten Sesuai Tren
Media sosial TikTok terkenal dengan tren-trennya yang sangat cepat berganti. Namun, tren di TikTok biasanya sangat ramai dan booming.
Kamu bisa menggunakan strategi riding the wave untuk mengembangkan bisnismu di TikTok. Buat konten yang sesuai dengan tren booming saat itu.
Baca Juga: Jadi Tren, Ini 3 Alasan Banyak Orang Kecanduan TikTok!
Misalnya konten yang tren saat itu adalah parodi acara tertentu di televisi, kamu bisa mempromosikan produkmu dengan ikut memparodikan acara tersebut.
Kamu juga bisa meninggalkan komentar pada konten-konten yang sedang tren. Tidak perlu komentar yang terlalu mempromosikan produk.
2. Gunakan Tagar
Tagar dapat menjadi salah satu senjata yang bisa kamu gunakan dalam bisnis lewat Tiktok. Tagar menandakan atau mengelompokan konten-konten yang serupa.
Dengan menggunakan tagar, peluang kontenmu dilihat oleh lebih banyak orang juga semakin meningkat. Kuncinya adalah menggunakan tagar yang tepat.
Kenali habit atau kebiasaan orang dalam menggunakan tagar. Mereka biasanya mencari konten lewat tagar.
Misalnya mereka mencari skincare yang cocok dan bagus, mereka akan mencari tagar atau keyword "rekomendasi sunscreen". Dengan mengetahui ini, kamu bisa menemukan tagar yang sesuai dan efektif.
3. Kerjasama dengan Nano-Influencer TikTok
Banyak sekali pengguna TikTok yang akhir-akhir ini memiliki pengikut hingga ratusan ribu. Tidak terlalu susah juga untuk mendapatkan banyak pengikut di aplikasi TikTok.
Menjadi influencer di TikTok lebih mudah dari media sosial lain, sehingga tarif promosinya juga lebih murah. Sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki.
Jika kamu memiliki budget yang tidak begitu besar, cukup promosi di Nano-Influencer yang konten-kontennya menarik.
Jadi, sudah siap memanfaatkan TikTok untuk bisnismu?
Baca Juga: Kerjasama dengan E-Commerce Shopify, Pengguna Kini Bisa Belanja via TikTok?
Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.