Pasti Halal, 5 Ide Bisnis Syariah yang Menguntungkan di Indonesia!

Ide Bisnis Syariah. (Sumber: Canva)

Ide Bisnis Syariah. (Sumber: Canva)

Like

Di negara yang mayoritas umat Muslim seperti Indonesia, banyak orang lebih memilih hal-hal yang sesuai dengan syariat Islam. Begitu juga dalam berbisnis, berikut adalah ide bisnis syariah yang dapat kamu jalankan.

Data Kemendagri menunjukan penduduk Indonesia mencapai 273 juta jiwa, sebanyak 237 juta jiwa diantaranya beragama Islam. Ini membuat Indonesia menjadi negara populasi muslim terbesar di dunia.

Banyak orang Indonesia yang memegang teguh syariat-syariat agama Islam. Dalam hidupnya harus sesuai dengan syariat begitu juga dalam urusan berbisnis.
 

Ide Bisnis Syariah


Dari banyaknya bisnis yang ada, banyak yang memilih bisnis syariah. Bisnis syariah adalah bisnis yang berlandaskan hukum syariat Islam.
 

1. Salon Muslimah


Saat ini masyarakat sudah lebih aware dengan syariat islam yang tidak mencampur pria dan wanita yang bukan mahram. Ini dapat kamu jadikan sebagai peluang bisnis.


Salon ini diperuntukan untuk muslimah atau wanita saja. Dengan semakin meningkatnya penggunaan jilbab kebutuhan akan salon khusus wanita juga meningkat.

Populernya jenis salon ini di Indonesia membuat banyak muncul franchise yang menawarkan kemitraan salon muslimah. Jika kamu tertarik, kamu bisa mulai dari kemitraan.
 

2. Brand Pakaian Muslim


Masih terhubung dengan meningkatnya pengguna jilbab di Indonesia, bisnis brand pakaian muslim menjadi peluang yang menarik.
Bisnis ini sempat mendapat sentimen negatif karena dikenal dengan bisnis musiman, ramai pada momen tertentu seperti idul fitri atau idul adha.

Namun, dengan banyaknya populasi muslim di Indonesia kamu bisa menjadikannya sebagai peluang. Asalkan dapat mengemas brand pakaian muslim dengan unik.

Pakaian muslim, apalagi untuk wanita,  sangat beragam. Kamu bisa stock tidiak hanya satu macam pakaian agar bisa selalu mendapat pelanggan.

Baca Juga: Ide Bisnis Menghasilkan Cuan untuk Mahasiswa
 

3. Tour & Travel Haji dan Umroh


Bisnis syariah ini sempat terdampak pada masa pandemi. Namun, berhasil bangkit dan bisa menjadi ide bisnis syariah.
Bagi kamu yang memiliki prinsip bekerja sambil mengejar pahala akhirat, bisnis ini cocok untukmu. Kamu bisa bekerja sembari beribadah.

Populasi umat muslim yang tinggi di Indonesia membuat target market dalam bisnis ini juga luas. Untuk membedakan bisnis travelmu dengan yang lain, kamu juga bisa menambah tur ke lokasi atau negara di sekitar Makkah atau Arab Saudi.
 

4. Kos Syariah


Bisnis ini juga dikenal sebagai investasi jangka panjang. Terkadang orang-orang ragu untuk mendirikan indekos karena tidak bisa terus-terusan mengontrol.

Pemilik indekos kadang tidak mengetahui apa yang terjadi di indekos. Penghuni indekos membawa tamu sembarangan atau melakukan aktivitas yang tidak semestinya.

Dengan mendirikan kos syariah, kamu bisa membuat peraturan yang sesuai dengan prinsip dan syariat islam. Meski tidak berada di indekos, kamu bisa lebih tenang dengan aturan syariat islam.
 

5. Kuliner Halal


Bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak akan pernah mati karena orang pasti butuh kuliner. Asalkan bisa berinovasi, peluangmu bertahan dalam bisnis ini akan tinggi.

Banyak sekali pilihan kuliner halal yang bisa kamu jadikan ide bisnis. Kamu harus bisa menganalisis tren yang berlangsung beberapa tahun ke belakang.

Jika kamu hanya mengikuti tren yang sedang ramai saat itu, besar kemungkinan bisnis kulinermu tidak akan lama. Itu karena tren bersifat sementara dan orang cepat bosan.

Jadi, kamu harus bisa menganalisis tren yang berlangsung dan temukan hal unik dari tiap tren. Apa yang membuat itu disukai orang dan buat ide baru dari situ.

Satu hal yang terpenting dari bisnis kuliner halal adalah adanya sertifikasi halal dari MUI dan dibuktikan dengan penyematan logo halal.

Jadi, mana ide bisnis syariah yang dapat kamu jalankan?

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Bank Syariah

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.


penulis: syafira