Kenali Tempat Aman Beli Barang Lelang Beserta Kelebihannya!

Beli Barang Lelang. (Ilustrasi: Canva)

Beli Barang Lelang. (Ilustrasi: Canva)

Like

Sempat tertarik untuk membeli barang melalui sistem lelang tapi masih bingung dimana? Ada beberapa tempat untuk beli barang lelang legal dan kelebihannya yang sudah dirangkum Bisnis Muda.

Penjualan barang melalui sistem lelang sebenanya bukan merupakan hal baru. Namun, jual beli barang melalui metode ini masih belum familar untuk masyarakat luas.

Dilansir dari website Kemenkeu, lelang adalah proses penjualan barang secara terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis atau lisan yang semakin meningkat atau menurun hingga ditemui harga final tertinggi/terendah.
 

Di Mana Ikut Lelang Legal?


Berikut adalah beberapa lembaga di Indonesia yang menyelenggarakan lelang secara legal. 
 

1. Pegadaian


Pegadaian mengadakan lelang untuk barang-barang jaminan yang tidak berhasil ditebus pemiliknya dalam kurun waktu tertentu. Lelang pegadaian dilakukan secara luring dan sempat vakum karena pandemi.


Baca Juga: BGTC 2022: Pegadaian Wacanakan Jadi Bullion Bank Pertama. Apa Itu?
 

2. Kemenkeu


DJKN Kemenkeu mengeluarkan portal lelang resmi www.lelang.go.id. Portal Lelang Indonesia ini diluncurkan di akhir tahun 2018. Dalam portal lelang tersebut termuat info-info lelang di tiap daerah yang dikelola oleh Kemenkeu.
 

3. Bank


Di Indonesia beberapa bank sudah menyediakan layanan lelang, apalagi bank yang termasuk dalam BUMN. Barang yang dilelang dalam lelang resmi bank biasanya adalah barang-barang sitaan bank yang tidak bisa ditebus. 
 

Kelebihan Beli Barang Lelang

 

1. Aman


Membeli barang dalam sistem lelang bisa dikatakan lebih aman karena proses lelang disaksikan bahkan dipimpin oleh pejabat lelang.

Pejabat lelang adalah pejabat umum yang diangkat oleh pemerintah. Barang dalam lelang juga aman karena pejabat lelang akan  meneliti  terlebih dahulu legalitas setiap barang yang akan dilelang. 

Dilansir dari webiste DJKN Kemenkeu, legalitas barang akan dicek dokumen ke instansi yang terkait untuk memberikan kepastian agar tidak terjadi permasalahan 

Pejabat lelang  tidak akan melaksanakan  lelang  apabila  ada  dokumen  maupun  prosedur lelang yang tidak terpenuhi.
 

2. Cepat


Penjualan melalui proses lelang dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Ini dikarenakan dalam proses lelang diadakan pengumuman dulu untuk menghimpun calon pembeli.

Dari segi pembayaran lelang juga cepat karena harus dilunasi dalam kurun waktu 5 hari secara tunai. 

Sistem lelang juga lebih cepat dan efisien karena akan mengurangi biaya penyimpanan, biaya pemeliharaan, dan biaya pemasaran. 

Baca Juga: Ini Keuntungan Beli Kendaraan Melalui Lelang
 

3. Adil  


Pelaksanakan lelang bersifat terbuka dan objektif karena dapat dihadiri oleh khalayak.

Selain itu lelang dilaksanakan oleh pejabat lelang yang bersifat independen. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga adil bagi para pelakunya. 

Jadi, gimana Be-Emers? Sudah fix ikut lelang?

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.