Enggak Ragu Lagi, Ini Keunggulan Reksa Dana Syariah!

Reksa Dana Syariah. (Ilustrasi: Canva)

Reksa Dana Syariah. (Ilustrasi: Canva)

Like

Dari banyak macam instrumen investasi, reksa dana syariah menjadi salah satunya. Berbeda dengan reksa dana konvensional, reksa dana syariah memiliki keunggulannya sendiri. 

Dilansir dari OJK, reksa dana syariah merupakan salah satu wadah investasi kolektif yang dikelola oleh Manajer Investasi.

Pengelolaannya dengan cara menginvestasikan dana kelolaan ke efek syariah berupa saham syariah, sukuk, atau instrumen syariah lainnya baik di dalam maupun luar negeri.

Reksa dana syariah berbeda dengan reksa dana konvensional karena ada dewan pengawas syariah yang memastikan dana kelolaannya tetap sesuai prinsip syariah.

Baca Juga: Intip Daftar Indeks Saham Syariah di Indonesia yang Bisa Dijadikan Investasi!
 

Keunggulan Reksa Dana Syariah



Berikut adalah keunggulan reksa dana syariah yang telah dirangkum Bisnis Muda dari brosur pasar modal syariah OJK.
 

1. Terjangkau


Dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, reksa dana syariah termasuk investasi yang terjangkau. 
Dengan modal minim, hanya sebesar Rp100.000 kamu sudah bisa berinvestasi di reksa dana syariah. 
 

2. Penyebaran Risiko


Ketika kamu berinvestasi di reksa dana syariah, dana yang terkumpul dikelola oleh manajer investasi. Kemudian oleh manajer investasi dana akan diinvestasikan di berbagai efek.

Penyebaran dana ke berbagai efek membuat risiko investasi tidak terpusat hanya pada 1 jenis efek.
 

3. Kemudahan Investasi


Reksa dana syariah menjadi investasi yang tergolong mudah karena dalam berinvestasi dikelola oleh seorang manajer investasi.

Pengelolaan oleh manajer investasi ini membuat investor tidak perlu melakukan analisis mendalam dan perhitungan detail, semua sudah dikelola oleh manajer investasi.
 

4. Efisiensi Biaya dan Waktu


Dari segi biaya dan waktu, reksa dana syariah juga relatif hemat biaya dan waktu. Reksa dana syariah terjangkau sehingga sangat efisien dari segi biaya.

Reksa dana syariah dikelola manajer investasi sehingga investor tidak perlu menyisihkan waktunya untuk memantau terus-menerus, sangat efisien waktu.
 

5. Likuiditas Terjamin 


Likuiditas juga menjadi tolak ukur keadaan keuangan suatu perusahaan. Investasi reksa dana syariah sudah mendapat jaminan bahwa dana investasi yang dimiliki dapat dicairkan kapan saja. 

Baca Juga: Sebelum Investasi, Simak Jenis Reksa Dana Syariah yang Sesuai!
 

6. Transparansi Informasi


Reksa dana syariah dikelola oleh manajer investasi sehingga investor akan mendapat laporan secara berkala dan dapat mengetahui hasil investasinya setiap saat.
 

7. Sesuai dengan Syariah


Investasi reksa dana syariah di Pasar Modal Syariah Indonesia sudah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah, sehingga bisa dipastikan sesuai dengan syariat islam.
 

8. Legalitas Terjamin


Reksa dana syariah merupakan instrumen atau aset investasi yang termasuk dalam Pasar Modal Syariah Indonesia.

Pasar Modal Syariah Indonesia diterbitkan oleh OJK, sehingga legalitasnya terjamin karena juga dikelola oleh manajer investasi.

Setiap instrumen investasi memang memiliki keunggulannya masing-masing. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan investasi dengan budget dan kebutuhan kita. 

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.