Pengalaman Berkarya dari Rumah Selama Pandemi

Berkarya dari rumah, karya Sandra Hamidah @art_sense

Berkarya dari rumah, karya Sandra Hamidah @art_sense

Like
Halo Sobat Bisnis Muda, apa kabarnya nih? Mungkin masih ada yang sedang di rumah saja atau sudah beraktivitas diluar rumah, semoga kita semua tetap sehat dan produktif ya! Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman berkarya dari rumah selama pandemi..Happy reading ya! 
 
Siapa sih yang nggak kaget dengan wabah pandemi ini? Kehadirannya memengaruhi berbagai aspek di bumi, membuat kita mau tak mau harus siap dengan perubahan. Sekecil apapun perubahan yang kita lakukan sekarang pasti akan berpengaruh terhadap hidup kita di masa yang akan datang. 
 
Sebagai pecinta Seni, tentu saja saya tak lagi bebas bereksplorasi untuk mencari inspirasi langsung di alam semesta, tapi ternyata selalu ada saja jalan agar tetap semangat berkarya dari rumah yaitu dengan menciptakan pemandangan yang ingin kita lihat. 
 
Selama masa pandemi ini, keluarga kecil kami jadi sibuk berkebun, bukan hanya menanam sayuran, tapi juga bunga-bunga cantik yang menarik hati. Ternyata berkebun juga membuat hati bahagia ya, melihat bunga bermekaran tentunya semakin menambah takjub pada kuasa Sang maha pencipta. 
 
Sambil menikmati pemandangan bunga di taman, coba deh lihat lingkungan sekitar, udara kian sejuk, langit bersih, awan berkilauan, menambah syahdu bahwa jangan-jangan Covid-19 itu adalah anti virus dan kita sendiri adalah virusnya yang sering membuat kerusakan di muka bumi. Saya yakin bahwa pandemi ini akan memberikan kesempatan pada bumi untuk sembuh dan lebih baik lagi. 
 
Selain berkebun, saya juga bisa memanfaatkan teknologi dengan mencari inspirasi berkarya secara online. Saat ini media sosial seperti Instagram adalah galeri online para Seniman untuk memamerkan karya-karya terbaiknya. Lewat Instagram @art_sense , saya bisa banyak belajar tutorial dan mengurangi taste gap dengan Seniman idola kita.

Taste gap sendiri adalah saat skill belum mencapai target impian kita, kita harus berlatih tanpa harus membandingkan karya kita dengan karya orang lain, cukup bandingkan karya kita sekarang dengan karya sebelumnya. Jika kita rajin berlatih, gambar kita pasti ada peningkatan, jadi nggak perlu insecure ya, cukup bersyukur saja guys
 
Selama di rumah saja, saya juga jadi sering menonton drama Korea (drakor) hehe. Supaya meningkatkan skill menggambar, setelah menonton saya biasanya membuat versi fan art adegan drama tersebut. Bukan hanya berbentuk foto tapi saya mengemasnya dalam bentuk video.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini konten video semakin digemari, makanya saya membuat fan art yang berbeda dengan menampilkan step by step pembuatan karya secara time-lapse, kemudian menambahkan animasi sederhana dan lagu-lagu yang bikin baper! 
 
Hasilnya sangat memuaskan, karya saya bisa menarik banyak view, di repost akun fan base internasional, menambah teman sesama Artist dan juga teman pecinta drakor. Tentunya antusiasme yang besar terhadap karya saya juga bisa meningkatkan engagement rate yang ujung-ujungnya cuan hihi. Selalu ada yang tanya dan order ingin digambarin setelah melihat saya berkarya. Tuh kan, berkarya dari rumah, selain membuat produktif juga bisa bikin bahagia dan sejahtera. 
 
Bagaimana nih karya kamu selama di rumah saja? Semoga tetap semangat ya! Kita pasti bisa bangkit untuk menjadi lebih baik.