Warga Jakarta Harus Siapkan Segini untuk Biaya Pemakaman!

Foto: Website Al Azhar Memorial Garden

Foto: Website Al Azhar Memorial Garden

Like

Berapa sih biaya yang harus dikeluarkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan pemakaman?

Di Indonesia, sudah ada peraturan mengenai retribusi tanah makam di tiap daerahnya. Namun jika orang-orang tidak ingin di pemakaman umum pemerintah ada opsi lain yaitu pemakaman umum yang dikelola pihak swasta
 

Pemerintah


Pemprov DKI Jakarta telah mengatur mengenai biaya pemakaman di DKI Jakarta dalam Perda DKI Nomor 1 Tahun 2015. Biaya tersebut meliputi biaya sewa makam atau lahan selama 3 tahun.

Dilansir dari website resmi Pemprov DKI Jakarta, berikut adalah harga sewa tanah makam untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun :
  1. Blok AA.I               Rp. 100.000,-
  2. Blok AA.II              Rp. 80.000,-
  3. Blok A.I                 Rp. 60.000,-
  4. Blok A.II                Rp. 40.000,-
  5. Blok A.III               Rp. 0,-

Baca Juga: Dana Pensiun, Bekal di Masa Tua Nanti

Harga yang tertera tersebut merupakan tarif dari Pemprov DKI Jakarta. Namun, dalam praktiknya bisa saja ada tambahan biaya penyewaan alat perawatan dan kendaraan jenazah.

 

Swasta


Selain pemakaman umum yang dikelola pemerintah, untuk pemakaman di Jakarta juga bisa di pemakaman umum yang dikelola pihak swasta. Tentunya dengan harga dan fasilitas yang berbeda.
 

1. San Diego Hills


San Diego Hills adalah pemakaman umum yang terkenal karena kemewahannya. Pemakaman umum ini terletak di Karawang, beberapa tokoh masyarakat juga disemayamkan di komplek pemakaman ini.

Pemakaman ini bisa digunakan untuk siapa saja, tidak terbatas penganut agama tertentu. Komplek pemakaman di San Diego Hills dibagi menjadi lima tipe. 

Tipe Single dengan harga 64.476.000 hanya berupa tanah makan untuk satu orang tanpa pembatas. Tipe kedua Semi Private dengan harga 458.700.000 dilengkapi dengan pembatas tembok dan tanaman.

Baca Juga: Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Rorotan Meningkat

Tipe ketiga Private dengan harga 1.091.750.000 dilengkapi dengan pembatas tembok dan aksesories makam berupa ornamen tertentu. 

Tipe keempat Paviliun dengan harga 1.601.600.000 sudah dilengkapi dengan bangunan gazebo dan batu nisan yang fleksibel.

Tipe terakhir Peak Estate dengan harga 6.364.462.500 dan mendapat fasilitas gazebo dan bebas untuk mendesain makam sesuai kemauan.
 

2. Al Azhar Memorial Garden


Pemakaman umum lain yang dikelola swasta adalah Al Azhar Memorial Garden, namun ini dikhususkan untuk pemakaman umat muslim. Pemakaman umum ini terletak di Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga: Ini Investasi Paling Cocok untuk Masa Pensiun

Dilansir dari website resminya, berikut adalah biaya pemakaman di Al Azhar Memorial Garden.
 

Daftar biaya pemakaman Al Azhar Memorial Garden

Daftar biaya pemakaman Al Azhar Memorial Garden

Daftar biaya pemakaman Al Azhar Memorial Garden

Gimana sobat sudah mau mulai mempersiapkan biaya untuk pemakaman?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.