Apakah Koin Micin Cocok untuk Pemula Kripto?

Koin Micin. (Ilustrasi: Canva)

Koin Micin. (Ilustrasi: Canva)

Like

Dalam kripto ada istilah yang disebut koin micin. Apa sebenarnya koin micin itu? Koin seperti apa yang masuk dalam kategori koin micin ini?

Investasi kripto berkembang sangat cepat beberapa tahun belakangan. Tren kripto juga terus mengalami naik turun yang dinamis. 

Dalam komunitas kripto muncul istilah yang digunakan untuk menjuluki koin tertentu, istilah itu adalah koin micin. Pelaku investasi kripto mulai membicarakan koin ini dan memperhitungkannya untuk investasi dengan alasan-alasan tertentu.

Ada yang merasa koin micin trennya bisa naik positif tinggi sehingga bisa membawa keuntungan. Namun, ada juga yang merasa koin micin kurang bisa dipertimbangan untuk investasi jangka panjang. 
 

Apa Itu Koin Micin?


Koin micin sering juga disebut dengan shitcoin, ini adalah koin kripto yang berkapitalisasi pasar rendah bahkan cenderung sangat rendah namun suplai tokennya sangat besar. 


Biasanya token micin juga dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan banyak yang di bawah 1 US$. Umumnya ini adalah koin yang baru dirilis dan seringkali tidak memiliki tujuan.

Disebut dengan istilah micin karena alasan-alasan tersebut, jumlahnya banyak dan harganya murah.
Menurut situs dan komunitas kripto, koin dan token yang bagus adalah yang memiliki visi dan misi yang jelas, tidak hanya sekadar suplai dan keuntungan.

Baca Juga: Kripto Bukan Aset Berharga Menurut Tiga Tokoh Ini, Apa Alasannya


Perhatikan Ini Sebelum Beli Koin Micin


1. Bandar dan Komunitas


Dalam investasi kripto tidak ada aturan dasar yang jelas mengenai naik turunnya suatu koin. Pada dasarnya kripto merupakan investasi yang bergantung pada ekosistem.

Ekosistem tersebut adalah bandar dan komunitas yang mendukung. Jika komunitas kripto tersebut pecah atau bubar atau tidak ada komunitasnya kembali, jarang sekali koin yang sudah dibeli dapat dijual kembali.
 

2. Market Cap


Market cap atau market capitalization dalam bahasa Indonesia adalah kapitalisasi pasar. Ini merupakan nilai perusahaan berdasarkan harga pasar sekarang. Rumus dari market cap adalah harga pasar dikalikan dengan jumlah saham beredar.

Baca Juga: Pasar Kripto Menguat Awal Pekan, Harga Bitcoin Masih di Bawah US$20.000

Tujuan dari investasi adalah untuk jangka panjang, sehingga harus diperhatikan bagaimana prospek kedepannya karena market cap akan sangat mempengaruhi kinerja kripto. 
 

3. Historis dan Fundamental Developer


Koin atau token kripto pasti dikeluarkan oleh developer atau pengembang. Sebelum memutuskan untuk membeli koin tersebut lakukan analisa mendalam terhadap historis dan fundamental developernya.

Apakah ini koin pertama yang dikeluarkannya, jika bukan bagaimana kinerja koin-koin yang pernah dikeluarkannya sebelumnya. Berapa lama untuk harganya naik dan seperti apa hype koin-koin yang dikeluarkan. 

Baca Juga: Punya Aset Kripto? Lakukan Ini Agar Aman Dari Hacker

Nah, kalau untuk pemula apakah koin micin cocok dijadikan investasi? Semua kembali kepada diri sendiri dan profil risiko masing-masing. 

Satu hal yang pasti, investor kripto pemula harus banyak belajar dan berlatih sebelum terjun ke investasi atau koin-koin yang tinggi risiko.  

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.