Nasihat Ahli Investasi Warren Buffett, Soal Menanam Modal Saat Ini

Warren Buffett. (Foto: Bloomberg)

Warren Buffett. (Foto: Bloomberg)


Warren Buffett, investor terkenal dunia memberikan saran untuk kalian yang akan investasi dalam waktu dekat ini.

Para pelaku investasi pasti sudah tidak asing dengan nama Warren Buffett, investor senior yang sering jadi panutan bagi investor-investor lain.

Sebagai orang yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi lebih dari 50 tahun, ia memberikan nasihat sesuai dengan pengalaman-pengalaman yang ia alami sendiri. 
 

Nasihat Warren Buffett


Ada 3 nasihat yang ia sampaikan bagi orang-orang yang ingin investasi saat ini.

Baca Juga: Ingin Menghemat Uang? Contoh 9 Cara Warren Buffet Berikut Ini
 

1. Jangan Takut Pasar Modal



Pada tahun 1986 Warren Buffett menulis surattahun 1986 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway. 

Di dalam suratnya tersebut ia mengatakan bahwa dia mencoba untuk menjadi takut ketika orang lain serakah dan menjadi serakah hanya ketika orang lain takut.

Melalui pesan tersebut yang ingin ia sampaikan adalah jangan biarkan bearish membuat kita takut untuk berinvestasi. Menurutnya bearish memberikan peluang besar untuk membeli saham dengan harga yang menarik. 

Baca Juga: Pesan Dari Warren Buffett Tentang Pentingnya Investasi

Pada tahun 2018, Buffett menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa peluang terbaik untuk menambah modal di pasar saham adalah ketika segalanya sedang turun.
 

2. Perhatikan yang Harus Dibeli


Warren Buffett selalu mengingatkan untuk fokus dan memperhatikan saat berinvestasi. Fokuslah dengan saham yang memiliki bisnis dengan keunggulan yang kuat dan ia menyarankan untuk tidak membeli saham individu.

Buffett menekankan untuk dapat fokus pada bisnis atau kondisi keuangan emiten daripada saham itu sendiri. 
Dalam suratnya pada tahun 2021 kepada pemegang saham Berkshire, Buffett menuliskan bahwa dia dan mitra bisnis lamanya Charlie Munger bukanlah seorang pemetik saham, melainkan pemetik bisnis.
 

3. Terapkan Sehari-Hari


Nasihat paling penting yang Buffet sampaikan adalah terapkan prinsip ini pada kehidupan sehari-hari. Itu juga yang ia lakukan dalam kesehariannya. Dia tidak membiarkan bearish membuatnya takut. 

Ada dua saham yang terus ia beli secara konsisten, kedua perusahaan ini mewakili bisnis yang dipahami Buffett dengan baik. Dia tahu keunggulan kompetitif mereka. Dia nyaman dengan penilaian mereka.

Baca Juga: Berikut Saham Terbaik Warren Buffett Selama Satu Dekade

Buffett tidak akan merekomendasikan investor untuk meniru setiap langkahnya. Namun, Buffett kemungkinan akan mendesak investor yang tertarik pada saham individu, untuk mengikuti jejaknya dalam fokus memiliki bisnis yang dikelola, dengan baik yang tersedia dengan harga menarik. 

Gimana nih nasihat dari Opa Buffett?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.