Inspiratif, 5 Founder Startup Sukses Ini dari Indonesia

Founder Startup Sukses. (Ilustrasi: Canva)

Founder Startup Sukses. (Ilustrasi: Canva)

Like

Indonesia juga punya startup-startup sukses yang pendirinya asli orang Indonesia, lho. Siapa saja ya?

Membangun sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah, apalagi jika tidak memiliki pengalaman dan modal yang besar sebagai awalannya. 

Tapi, 5 orang ini berhasil mendirikan perusahaan dan mengembangkannya hingga skala nasional bahkan internasional. Terlebih lagi perusahaan tersebut merupakan asli karya anak bangsa.

Meskipun beberapa perusahaan baru berdiri belum lama, namun mereka bisa membuktikan bahwa perusahaan dan produknya layak dipertimbangkan bahkan menjadi andalan.


Founder Startup Sukses Asal Indonesia


Baca Juga: 5 Startup dengan Ide Unik di Indonesia. Pernah Pakai?


1. Gojek - Nadiem Makarim



Gojek merupakan perusahaan teknologi transportasi yang didirikan tahun 2009. Nadiem Makarim sukses mendirikan Gojek hingga kini digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia, bahkan ekspansi ke Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Kesuksesan Nadiem Makarim memimpin Gojek membuatnya dipercaya untuk menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi periode 2019-2021. Meski tidak lagi menjabat sebagai direktur utama, Nadiem Makarim masih aktif di Gojek. 
 

2. Bukalapak - Achmad Zacky


Orang Indonesia lainnya yang sukses mendirikan startup di Indonesia adalah Achmad Zacky. Dengan niat membantu pelaku UMKM, pria lulusan IT Institut Teknologi Bandung ini berhasil mendirikan platform perdagangan elektronik bernama Bukalapak.

Didirikan pada tahun 2010, Bukalapak sempat menjadi platform kepercayaan masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara daring. Namun, Zacky kini sudah tidak aktif di Bukalapak.
 

3. Tokopedia - William Tanuwijaya


Tokopedia hadir sebagai startup atau platform perdagangan lainnya di Indonesia. Pada tahun 2009 William Tanuwijaya mendirikan Tokopedia, 12 tahun setelahnya Tokopedia menjadi salah satu startup berpengaruh di Indonesia.

William mengenyam pendidikan di Universitas Bina Nusantara dan memiliki ketertarikan tinggi pada hal-hal yang berhubungan dengan internet. Dari situ William mengembangkan Tokopedia hingga menjadi seperti saat ini.

Baca Juga: Sebelum Beli, Intip Kinerja Saham 3 Startup Indonesia yang IPO Ini!


4. Binar Academy - Alamanda Shantika


Binar Academy merupakan startup yang belum lama berdiri jika dibandingkan dengan 3 startup sebelumnya. Startup ini berfokus pada pelatihan skill digital dengan menyediakan kelas dan bootcamp.

Menariknya, pendiri Binar Academy, Alamanda Shantika, merupakan lulusan Gojek atau dulunya termasuk salah satu orang penting di Gojek. Menyelesaikan perjalanan karirnya di Gojek, ia mendirikan startupnya sendiri dan sukses.
 

5. HijUp - Diajeng Lestari 


HijUp didirikan pada tahun 2011 dan sempat menjadi platform khusus fashion muslim terpopuler di tahun 2012-1015. Kini bisnis HijUp semakin berkembang dan meluas. 

HijUp juga menjadi islamic fashion pertama di dunia. Startup ini berdiri atas inisiatif Diajeng Lestari yang sebelumnya berprofesi sebagai pekerja kantoran. Ternyata Diajeng merupakan istri dari pendiri Bukalapak, Achmad Zacky.

Semoga bisa jadi inspirasi ya, Be-emers! 

Baca Juga: East Ventures Suntik Rp8,9 Miliar ke Startup Milik Mantan Eksekutif Grab

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.