Estee Lauder Beli Brand Tom Ford US$2,8 M

Tom Ford. (Foto: The New York Times)

Tom Ford. (Foto: The New York Times)


Perusahaan kecantikan Estee Lauder akuisisi brand Tom Ford, yang menjual mulai dari pakaian hingga parfum. Berapa nilai akuisisinya dan bagaimana prosesnya?

Kabar baik baru saja datang dari dua luxury brand yang memutuskan untuk bergabung. Estee Lauder dikabarkan mengakuisisi Tom Ford dengan nilai yang fantastis.

Estee Lauder merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang berfokus pada kecantikan. Bahkan Estee Lauder menjadi perusahaan kecantikan terbesar kedua di dunia.

Berdiri pada tahun 1946, nama Estee Lauder diambil dari nama pendirinya. Perusahaan ini terus berkespansi hingga ke seluruh dunia.

Salah satu ekspansi yang dilakukan dalam waktu dekat ini adalah mengakuisisi Tom Ford, brand kelas atas lainnya.


Berbeda dengan Estee Lauder, Tom Ford lebih berfokus ke produk-produk fashion. Tom Ford merupakan perusahaan baru jika dibandingkan dengan Estee Lauder.

Baru berdiri pada tahun 2005, namun produk-produknya telah berhasil memasuki pasar kelas atas dunia. Produk-produknya mencakup lini fashion ready to wear, sepatu, aksesoris, hingga wewangian.
 

Estee Lauder Akuisisi Tom Ford


Kesepakatan akuisisi antara Estee Lauder dan Tom Ford menjadi yang terbesar nilainya sepanjang tahun 2022. 

Baca Juga: Berkembang Makin Pesat, Ini Tips Bisnis Fashion Bisa Bertahan

Seperti yang dilaporkan The New York Times, akuisisi ini terjadi karena brand-brand kelas atas mencari cara baru untuk menunjang growth bisnis karena bisnis di Cina kolaps akibat pandemi.

Cina dahulu menjadi ‘mesin’ untuk bisnis kecantikan kelas atas. Namun, pandemi membuat bisnis kecantikan terutama yang kelas atas tidak berjalan dengan baik di sana.

Setelah akuisisi, Ford, pemilik brand Tom Ford masih akan tetap berada di brand tersebut hingga akhir tahun 2023 meskipun role atau jabatan yang dijalankan masih belum pasti. 

Tom Ford menyambut baik akuisisi ini, bahkan ia mengatakan “could not be happier”. Estee Lauder dan Tom Ford sudah berpartner selama beberapa tahun.

“Mereka telah menjadi partner yang luar biasa sejak hari pertama saya mendirikan perusahaan dan saya senang melihat mereka menjadi penentu bab selanjutnya dari merek Tom Ford.” kata Tom Ford.

Akuisisi didorong oleh lini wewangian Tom Ford, Black Orchid dan Tuscan Leather, yang secara rutin masuk dalam daftar terlaris.

Estee Lauder akan membayar akuisisi tersebut melalui kombinasi uang tunai, hutang, dan US$300 juta pembayaran yang ditangguhkan. 

Marcolin, grup Italia yang memiliki lisensi kacamata Tom Ford, akan membayar $250 juta kepada Estee Lauder saat kesepakatan ditutup.

Estee Lauder melaporkan bulan ini bahwa penjualan di Asia turun karena kebijakan pandemi yang ketat di kawasan itu. 

Pertumbuhan yang lebih rendah di China juga memaksa Estee Lauder untuk menurunkan perkiraan keuangannya untuk tahun depan. Saham perusahaan turun sekitar 40 persen tahun ini.

Baca Juga: Ternyata Bisnis Fesyen Etnik Itu Untungnya Gede Loh!

Parfum telah menjadi fokus bagi Estee Lauder, terutama karena industri wewangian premium mengalami lonjakan tak terduga selama pandemi.

Akuisisi parfum Estee Lauder baru-baru ini meliputi merek Frédéric Malle, Kilian, dan Le Labo. 

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.