Tips Promosi Toko Online E-Commerce, Ancang-Ancang Cuan Datang!

Tips Promosi Toko Online. (Ilustrasi: Canva)

Tips Promosi Toko Online. (Ilustrasi: Canva)


Saat ini sudah banyak e-commerce dan marketplace yang memberikan fasilitas untuk membuat toko online sendiri. Setelah memiliki toko online perlu ada tips promosi toko online atau online shop agar terus cuan.

Beberapa e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Bukalapak. 

Namun, banyak juga toko-toko online yang ada di e-commerce tersebut sehingga kita sebagai pemilik toko harus memutar otak bagaimana menonjolkan toko kita dibanding yang lain. 

Apalagi jika kita mau terus untung, kita tidak bisa semata-mata mengandalkan e-commerce saja tanpa melakukan usaha promosi khusus. 
 

Tips Promosi Online Shop


1. Pilih Nama yang Unik


Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebagai strategi promosi adalah memilih nama yang unik. Saat ini orang-orang memiliki kecenderungan memilih nama toko yang mudah dan cepat. Contohnya paduan nama pribadi seperti Miranda Shop atau Toko Pak Aryo. 


Baca Juga: Jadikan Konten Motion Graphic Sebagai Media Promosi Kekinian

Alih-alih berpikiran sama dengan penjual lain kamu bisa membentuk identitas toko dengan berbeda. Bisa mulai dari memilih nama berbeda berdasarkan produk yang kamu jual dan ciri khas yang kamu punya, misalnya Super Kumis Pet Shop atau Bagor Mbok Jegeg.
 

2. Jadi Premium atau Star Seller


Biasanya e-commerce menyediakan fitur untuk penjual-penjual pilihan. Misalnya di Shopee Star Seller atau yang lebih resmi Shopee Mall. Lain lagi di Tokopedia yang diberi nama power merchant dan official stores.

Dengan menyandang predikat resmi dari platform belanja, tingkat kepercayaan customers akan meningkat. Mereka juga akan merasa lebih aman untuk berbelanja di tokomu. 
 

3. Beri Promo dan Diskon Menarik


Baca Juga: Calon Pengusaha, Ini 5 Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis 

Dalam melakukan promosi ada yang perlu kamu korbankan atau perlu mengeluarkan dana lebih di awal. Salah satunya dengan promo dan diskon.

Adanya promo dan diskon akan membuat lebih banyak orang yang mengunjungi dan mengenal tokomu. Dengan pancingan promo dan diskon kamu bisa membuat orang-orang mencoba produkmu dan menjadi pelanggan tetap.
 

4. Gunakan Platform Lain


Agar promosi lebih maksimal kamu bisa menggunakan bantuan platform lain untuk menaikkan awareness dan exposure toko online. Kamu bisa membuat konten yang mengenalkan produk-produk yang kamu jual.

Konten tersebut bisa disebarkan melalui media sosial yang kamu punya dengan teknik marketing tertentu, misalnya menggunakan hashtag yang relevan atau tag akun-akun yang memiliki exposure tinggi.

Baca Juga: Yuk Ketahui Beberapa Tips dalam Strategi Diskon untuk Promosi Usahamu

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.