Tips Belanja Hemat di Tanggal Kembar, Anti Kalap!

Tips Belanja Hemat Tanggal Kembar. (Ilustrasi: Canva)

Tips Belanja Hemat Tanggal Kembar. (Ilustrasi: Canva)


Tanggal kembar terkadang membuat kalap karena banyak promo yang ditawarkan. Yuk, simak tips belanja hemat di tanggal kembar berikut!

Tanggal kembar adalah tanggal ketika hari dan bulan berada pada perhitungan yang sama, misalnya tanggal 1 januari, 2 februari, 3 maret dan seterusnya.

Pada tanggal itu jika dituliskan dengan angka saja maka akan tertulis 1.1, 2.2, 3.3, dan seterusnya sehingga disebut juga dengan istilah tanggal kembar.

Tanggal kembar akan terulang terus setiap bulannya sehingga sering ada momen-momen khusus pada tanggal ini karena dianggap spesial. 

Salah satu pemanfaatan dari tanggal kembar ini adalah adanya promo dari e-commerce yang menawarkan berbagai produk. Promo ini ada di hampir setiap bulannya. 
 

Tips Belanja di Tanggal Kembar



Baca Juga: Belanja Online Populer di Kalangan Masyarakat, Bagaimana Dampaknya?

Banyaknya promo yang ada di tanggal kembar terkadang membuat kita kalap. Merasa bahwa ini momen yang hanya ada pada saat itu sehingga membeli semua yang ditawarkan. Terkadang sampai harus mengorbankan arus keuangan tanpa sadar.
 

1. Buat Daftar Kebutuhan


Tanggal kembar sebaiknya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dengan bijak, bukan memenuhi keinginan semata.

Jadi sejak jauh-jauh hari buat daftar barang-barang apa saja yang memang dibutuhkan. Memiliki daftar kebutuhan akan membuat kita bisa melakukan riset terlebih dahulu toko mana yang menyediakan promo untuk barang tersebut.

Sehingga ketika promo tanggal kembar datang kita sudah bisa fokus, tidak terdistraksi dengan barang-barang lain yang sebenarnya tidak diperlukan.
 

2. Bijak Gunakan Promo


Banyaknya promo yang ada ketika tanggal kembar justru terkadang membuat kita konsumtif. Promo bisa menjadi bumerang yang berdampak ke arus keuangan kita. 

Diantara banyak promo yang ada pilih promo yang paling memenuhi kebutuhan kita. Misal kita membutuhkan produk segar seperti sayur maka pilih promo dalam kategori itu.

Jangan pilih promo dari kategori lain yang lebih menggiurkan tapi minimal pembelian jauh lebih tinggi. Secara tidak langsung uang yang dikeluarkan akan lebih banyak.
 

3. Manfaatkan Flash Sale


Biasanya saat tanggal kembar akan ada banyak flash sale atau diskon kilat. Barang yang masuk dalam flash sale juga lebih beragam.

Sebelum jadwal flash sale pihak e-commerce sudah membuat pengumuman barang-barang apa saja yang ikut flash sale, di jam berapa, dan kisaran harganya.

Sering-sering lihat bagian flash sale tersebut, siapa tahu barang yang kamu butuhkan masuk dalam daftar flash sale. Beli pada saat jadwal flash sale agar mendapat harga yang lebih bersahabat.

Baca Juga: Hindari Pemborosan dengan Menghitung Cost per Usage

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.