Berapa Pendapatan Kota Terkaya di Indonesia?

Pendapatan Kota Terkaya di Indonesia (Foto: Canva)

Pendapatan Kota Terkaya di Indonesia (Foto: Canva)


Indonesia terdiri dari banyak kota. Di antara banyak kota tersebut, ada kota-kota yang memiliki PDRB tertinggi, sehingga disebut kota terkaya di Indonesia.

Peraturan otonomi daerah yang diterapkan di Indonesia membuat tiap-tiap kota dapat mengatur kotanya sendiri.

Dengan memiliki kewenangan untuk menentukan peraturan daerahnya sendiri tiap kota tersebut dapat memaksimalkan sumber dayanya.

Otonomi daerah juga menentukan kemakmuran daerahnya. Tingkat kemakmuran tiap daerah dapat dilihat dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). 

Perhitungan PDRB dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan telah mengikuti standar Sistem Neraca Nasional tahun 2008 yang dipublikasikan oleh PBB.
 

5 Kota Terkaya di Indonesia



Kota-kota di bawah ini adalah kota yang memiliki PDRB tinggi:
 

1. Kediri


Kediri menjadi kota yang menduduki peringkat satu kota terkaya di Indonesia. Kota ini berhasil menduduki peringkat satu karena PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) yang tertinggi.

Kediri menyumbang PDRB tinggi karena adanya industri tembakau yang sejak dulu beroperasi di kota tersebut. Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yaitu PT Gudang Garam Tbk telah ada sejak 1958 di Kediri.

Baca Juga: Kemenparekraf Kembangkan Wisata Kesehatan di Tiga Kota
 

2. Bontang


Kota kedua yang menjadi penyumbang PDRB tertinggi adalah Bontang. Kota ini terletak di Kalimantan Timur. PRDBnya mencapai Rp312,14 Juta.

Bontang menyumbang banyak PDRB karena berfokus pada industri, jasa, dan perdagangan. Beberapa perusahaan terkenal diketahui beroperasi di kota ini, contohnya PT Badak NLG dan Pupuk Kaltim.
 

3. Jakarta


Tidak mengherankan jika Jakarta berhasil menyumbang PDRB yang tinggi. Ibu Kota Indonesia ini menjadi pusat industri, pemerintahan, dan perdagangan di Indonesia.

Data dari BPS pada 2022 Jakarta berhasil mendapatkan PDRB sebesar Rp260,44 Juta. 
 

4. Cilegon


Meski termasuk kota kecil, Cilegon berhasil menempati urutan keempat kota terkaya di Indonesia. Cilegon lebih berfokus pada industri manufaktur.

Kota ini berhasil mendapat PDRB Rp233,02 Juta. Beberapa perusahaan besar yang ada di Cilegon diantaranya Sucofindo dan Krakatau Estate.
 

5. Surabaya


Surabaya menjadi kota besar lain yang masuk 5 besar kota terkaya di Indonesia. Kota ini terkenal dengan industri dan perdagangannya.

Surabaya juga memiliki pelabuhan bernama Tanjung Perak yang mendukung perdagangan. PDRB yang dimiliki Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini sebesar Rp190,89 Juta.

Baca Juga: 5 Potensi Investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Baru


Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.