Adu Kekayaan Bos Alfamart VS Bos Indomaret

Alfamart vs Indomaret

Alfamart vs Indomaret

Like

Di Indonesia ada dua bisnis retail yang paling terkenal dan franchisenya mudah sekali ditemui, yaitu Alfamart dan Indomaret. Yuk, cek kekayaan bos Alfamart dan bos Indomaret.

Menjamurnya kehadiran Alfamart dan Indomaret di Indonesia membuat muncul lelucon “dimana ada Alfamart disitu ada Indomaret” dan sebaliknya. 

Meskipun kedua perusahaan retail ini tidak berafiliasi, tapi kehadirannya selalu berdekatan. Kedua perusahaan ini merupakan rival dan menjadi top of mind masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Alfamart berada di bawah naungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang berkantor pusat di Tangerang. Sedangkan Indomaret berada di bawah PT Indomarco Prismatama dan merupakan anak perusahaan Salim Group. 

Alfamart dan Indomaret merupakan perusahaan retail yang keberadaannya sudah ada sejak lama. Namun, ekspansinya baru masif sekitar tahun 2000an. 


Alfamart didirikan pada tahun 1989. Awalnya bisnis utama Alfamart bukan minimarket seperti sekarang, melainkan distribusi produk-produk rokok Sampoerna karena kepemilikan saham oleh HM Sampoerna sebesar 70 persen. 

Sedangkan gerai pertama Alfamart berdiri pada tahun 1999. Indomaret berbeda lagi, toko pertama dengan nama Indomart dibuka di Ancol pada tanggal 20 Juni 1988.

Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai.

Dibalik suksesnya dua perusahaan retail ini bersama dengan franchisenya, ada pemimpin yang berhasil mengembangkan strategi hingga bisa mendulang cuan yang besar dari bisnisnya.

Baca Juga: Apa Itu Strategi ‘Retail Rejection’ pada Luxury Brands?
 

Kinerja Alfamart


Sepanjang tahun 2022, Alfamart mencatatkan kinerja yang positif. Alfamart merupakan perusahaan terbuka yang sahamnya sudah melantai di bursa efek Indonesia dengan kode AMRT.

Pada kuartal ketiga 2022 pendapatan neto AMRT mencapai Rp72,13 triliun, naik 14,91 persen dibanding dengan periode yang sama 2021 sebesar Rp63,17 triliun.

Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk AMRT melesat 58,18 persen menjadi Rp1,75 triliun, dari periode sebelumnya Rp1,10 triliun.

Alfamart pun juga telah menambah lebih dari 1.100 gerai baru sampai akhir Oktober 2022. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah hingga akhir tahun 2022. 
 

Kekayaan Bos Alfamart


Saat ini yang menjabat sebagai bos besar Alfamart adalah Djoko Susanto. Ia merupakan pemilik dari perusahaan retail terbesar ini.

Pada tahun ini harta kekayaan Djoko Santoso mencapai US$4,1 miliar atau sekitar Rp63,96 triliun, naik lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu yang hanya sebesar US$1,9 miliar.

Jumlah kekayaannya ini telah membuat Djoko Susanto masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun 2022. 
 

Kinerja Indomaret


Meski bukan perusahaan terbuka, kinerja Indomaret dapat dilihat dari laporan perusahaan pengelolanya PT Indomarco Prismatama, yang dikonsolidasikan dalam PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET).

Indomaret merupakan kontributor laba terbesar bagi DNET dengan nilai mencapai Rp691,83 miliar. 

Sepanjang tahun berjalan 2022, akumulasi penjualan bersih Indomarco Prismatama mencapai Rp74,34 triliun, naik 12,02 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp66,36 triliun.

Laba bersih Indomaret Rp1,73 triliun, naik 128,37 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya sebesar Rp758,31 miliar.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Alfamart dan Indomaret Selalu Berdekatan
 

Kekayaan Bos Indomaret


Mayoritas saham DNET dimiliki oleh bos besar Indofood Grup Anthoni Salim yang tercatat memegang 25,30 persen saham perusahaan pada 30 November 2022.

Di tengah kenaikan kinerja Indomaret, peringkat Anthoni Salim dalam daftar orang terkaya di Indonesia justru turun, dari urutan ketiga menjadi urutan kelima orang terkaya di Indonesia.

Dilansir dari Forbes, harta kekayaan Anthoni Salim turun US$1 miliar dari US$8,5 miliar pada 2021 menjadi US$7,5 miliar atau sekitar Rp117 triliun pada tahun ini.

Kalau tengok kekayaan bosnya sebanyak ini jadi kepingin buka franchise Alfamart atau Indomaret enggak, Be-Emers?

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

vvv

Kekayaan Bos Alfamart vs Indomaret