BUMDes Wifi untuk Kesejahteraan Desa Sampang

BUMDes Wifi. (Ilustrasi: Canva)

BUMDes Wifi. (Ilustrasi: Canva)

Like

Saya adalah seorang penduduk desa yang di percaya untuk mengembangkan usaha jaringan di bidang wifi.

Desa saya adalah Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, yang berbatasan langsung dengan kabupaten Banjarnegara.

Desa Sampang adalah desa yang jauh dari kota dan jauh dari sinyal seluler. Untuk telpon melalui GSM saja sinyalnya sangat susah dan bahkan terkadang tidak bisa.

Di desa Sampang hanya ada satu tower Telkomsel, tetapi karena wilayah yang tidak memungkinkan sehingga adanya tower Telkomsel tidak begitu membantu warga dalam berkomunikasi.

Di tahun 2019, sesuai kesepakatan maka desa Sampang mendirikan usaha jaringan yang dibawahi oleh BUMDes. Dengan tujuan untuk memajukan desa dan menambah PADes (Penghasilan Asli Desa).
 

BUMDes Desa Sampang



Pelanggan wifi adalah penduduk desa Sampang, dengan layanan wifi penduduk desa Sampang bisa menikmati internet untuk keperluan masing-masing.

Hanya dengan biaya langganan Rp150 ribu per bulan, satu keluarga sudah bisa menjelajah internet.

Sesuai dengan harapan, berjalannya usaha BUMDes di sektor jaringan sangat membantu warga dalam berkomunikasi dan belajar, khususnya untuk anak-anak sekolah yang masih dalam pembelajaran daring.

Bagi masyarakat yang mempunyai usaha jualan online, hadirnya internet di desa Sampang juga cukup membantu.

Contohnya untuk posting produk di media belanja online, berinteraksi dengan pelanggan, dan bertransaksi secara online pula tentunya.

Selain itu, manfaat selanjutnya adalah bertambahnya PADes desa Sampang yang bisa digunakan untuk membantu pembangunan dan kesejahteraan warga.

Para pegawai BUMDes desa Sampang juga seluruhnya adalah warga atau penduduk asli desa Sampang, sehingga para pemuda atau pegawai BUMDes mendapatkan penghasilan dengan membantu BUMDes dalam usaha ini.

Atas kekompakan dan kesadaran warga, hampir semua wilayah sudah dilampaui kabel fiber optic untuk penghantar sinyal wifi.

Di tahun 2022 akhir, usaha wifi di desa Sampang menjadi usaha utama untuk bisa mendapatkan penghasilan asli desa.

Semakin banyak minat dari masing-masing penduduk desa Sampang yang ingin menikmati jaringan wifi yang disediakan oleh BUMDes.

Rencananya, di tahun 2023 selain untuk perawatan jaringan BUMDes juga menganggarkan untuk pengembangan jaringan sehingga diharapkan semua warga dapat merasakan manfaat dari usaha yang dijalankan oleh BUMDes.
 
Priono
Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.