Pasar Kripto Bakal Pulih di 2023?

Kripto 2023. (Ilustrasi: Canva)

Kripto 2023. (Ilustrasi: Canva)

Like

Kita telah melihat kejatuhan pasar kripto sepanjang tahun 2022 ini. Apakah masih ada harapan untuk kripto di 2023? Simak laporannya!

Orang yang berinvestasi di kripto ataupun hanya pengamat pasti setuju bahwa tahun ini merupakan tahun yang luar bisa untuk pasar kripto.

Banyak peristiwa yang terjadi seperti altcoin yang turun drastis, pertukaran kripto menuju kebangkrutan, dana investor hilang di FTX, dan lainnya. 

Peristiwa ini telah menyebabkan orang bertanya-tanya bagaimana masa depan pasar kripto pada tahun 2023 dan apakah akan bullish atau bearish

Sulit untuk memprediksi masa depan dengan benar 100 persen, jadi yang bisa kita lakukan adalah memprediksi dengan melihat tren-tren potensial untuk tahun yang baru.
 

Ada Kemungkinan Pasar Kripto Pulih di 2023?



Prediksi dengan melihat tren yang potensial di tahun mendatang telah dijabarkan BeInCrypto melalui laporannya.

Ada kepercayaan bahwa pasar kripto akan mulai pulih pada tahun 2023. Meskipun pasar bullish penuh mungkin tidak kembali, pasar bearish terburuk diperkirakan akan berakhir pada akhir tahun.

Baca Juga: Ini Prediksi Kripto di 2023, Aman Enggak Ya?

Banyak yang memperkirakan bahwa titik rendah akan terjadi pada kuartal pertama tahun 2023, dengan bitcoin kemungkinan mencapai titik bawah sekitar US$10 ribu atau bisa lebih rendah lagi.

Akibatnya, sebagian besar altcoin bisa turun hingga 60-80 persen. Ini dapat menurunkan koin Cardano menjadi sekitar 10 sen, yang mungkin merupakan peluang pembelian bagi sebagian orang atau menandakan akhir dari reputasinya sebagai "pembunuh Ethereum".

The Fed diperkirakan akan berhenti menaikkan suku bunga pada kuartal pertama tahun depan. Ini dapat membantu mencegah pasar crypto bear jatuh lebih jauh. 

Titik bawah untuk BTC bisa sekitar US$10 ribu atau sedikit lebih rendah. Ini karena pasar saham, yang sangat berkorelasi dengan pasar kripto, belum menemukan titik terendahnya dan diperkirakan akan turun 20-30 persen lagi.

Namun, BTC masih bisa mengalami flash crash di bawah US$10 ribu. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti larangan penambangan bitcoin karena kekurangan energi, kreditor Mount Gox menjual bitcoin mereka, dan likuiditas yang rendah. 

Untuk melindungi aset crypto yang dimiliki, penting untuk menyimpannya di dompet kripto pribadi daripada di bursa terpusat.

Selanjutnya untuk tahun 2023 akan ada banyak peraturan kripto. Nah, sebagian besar peraturan ini mungkin akan sangat baik, tetapi beberapa mungkin akan sangat buruk. 

Selain itu, kemungkinan besar peraturan kripto akan bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lain meskipun ada upaya untuk membuat aturan kripto global. Namun, keruntuhan FTX akhirnya mungkin cukup untuk memacu regulasi yang sangat dibutuhkan.

Lebih penting lagi, peraturan kripto akan secara efektif memaksa proyek kripto untuk terdesentralisasi. 

Ini karena satu-satunya cara untuk menghindari banyak dari peraturan ini adalah dengan desentralisasi dari atas ke bawah, yang seharusnya menjadi inti dari kripto.

Pada tahun 2023 jumlah pemegang kripto akan meningkat secara signifikan. Untuk konteksnya, adopsi kripto saat ini mencapai sekitar 4 persen dari populasi global. 

Ini tidak banyak, tetapi pertumbuhannya eksponensial dan ada banyak alasan mengapa tren ini akan berlanjut tahun depan. 

Baca Juga: Kripto Jatuh Sepanjang 2022, Pendirinya Kehilangan US$116 Miliar

Kurang lebih seperti itu tren potensial kripto di tahun 2023. Kalau kamu gas investasi kripto enggak tahun 2023, Be-Emers?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.