Sebelum Beli Tiket Kereta Panoramic, Kenalan Dulu Yuk!

Kereta Panoramic (Sumber gambar: Siaran Pers Website KAI)

Kereta Panoramic (Sumber gambar: Siaran Pers Website KAI)

Like

Bagi yang suka traveling, kini tak perlu berkelana jauh-jauh ke kota Swiss untuk menikmati keindahan alam seperti panorama pegunungan dengan menaiki kereta 'with a view'.

Kini di Indonesia hadir kereta yang serupa dengan kereta luar negeri yaitu kereta panoramic. Kehadiran kereta panoramic di Indonesia mampu menyuguhkan sensasi bak di negeri dongeng.

Dilansir dari Bisnis.com kereta panoramic KAI mulai beroperasi sejak Nataru 2022. Interior kereta panoramic memang didesain untuk memanjakan mata penumpang karena memliki dimensi kaca yang lebar serta memiliki sunroof layaknya mobil SUV.

Fasilitas kereta panoramic serupa dengan kategori luxury dan priority, kereta ini memiliki toilet yang luas dibanding kereta ekonomi.

Tak hanya itu, kereta panoramic juga include makan, minum dan snack. Khusus kereta panoramic, luxury dan priority terdapat special lounge di stasiun besar seperti Gambir, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.


Baca Juga: Makin Penuh, Kini KRL Angkut Lebih Dari 400 Ribu Penumpang Tiap Hari

Terdapat gerbong yang menyediakan makanan minuman selama perjalanan serta dilengkapi ruang mini prayer room.

Dilansir dari Bisnis.comsayangnya KAI menghentikan operasi gerbong kereta panoramic di KA Taksaka pada tanggal 9 Januari 2023, artinya gerbong ini hanya melayani pelanggan selama 16 hari sejak nataru.

Alasan dihentikan memiliki berbagai macam persepsi, salah satunya evaluasi tim terkait agar meningkatkan segi pelayanan dan fasilitas demi meningkatkan kualitas kenyamanan penumpang.

Kejadian kaca kereta api KRL Jabodetabek dan kelas eksekutif yang pecah karena dilempar batu oleh orang yang tidak bertanggung jawab sedikit membuat was-was.

Walaupun begitu, material kaca kereta panoramic diklaim tahan panas dan retakan tetapi menurut opini penulis biaya dan maintenancenya cukup mahal.

Uniknya, ada warganet yang membuat meme kereta panoramic Ketika launching.

 

Meme Kereta Panoramic. (Sumber: Instagram @memelord_666666)

Meme Kereta Panoramic. (Sumber: Instagram @memelord_666666)


Ketika penulis hendak memesan tiket kereta panoramic melalui aplikasi KAI Access, jadwal kereta panoramic tersedia di siang, sore, dan malam hari.

Seharusnya jadwal kereta panoramic di pagi hari dan sore hari saja agar pemandangan sekitar terlihat lebih jelas. Harga tiket kereta panoramic cukup mahal bagi kaum mendang-mending, harus merogoh kocek Rp1 juta dan jika promo Rp750 ribu.

Harga tersebut tidak berbeda jauh seperti kereta kelas luxury maupun priority. Promo kereta api sering diadakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus setiap hari Kemerdekaan RI.

Penulis juga pernah memperoleh promo 12.12 hari belanja online atau sering disebut harbolnas.

 

Promo 12.12 Harbolnas KAI

Promo 12.12 Harbolnas KAI


Selain itu ada acara lain untuk memperoleh diskon kereta melalui reduksi untuk lansia, wartawan, veteran, TNI, POLRI bahkan alumni kampus yg sudah bekerja sama dengan pihak terkait.

Menurut penulis orang yang hobi tidur tidak cocok menaiki kereta ini, karena dengan kereta ini wajib menikmati keindahan alam yang dilewati bukan malah tidur.

Baca Juga: Jadi Sorotan, Ini Penyebab Biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung Membengkak

Kereta panoramic diminati fotografer, youtuber, dan content creator untuk review, memberi feedback dan mengabadikan panorama di setiap perjalanan.

Seharusnya pihak KAI menambah rute perjalanan kereta panoramic, meliputi:
  1. Pesisir pantai jalur utara Semarang
  2. Gunung Argopuro Jawa Timur jalur selatan Jember Banyuwangi
  3. Bogor Sukabumi view Gunung Pangrango
  4. Jakarta Bandung view bukit via jembatan Cikubang
Jika reaktivasi jalur kereta Magelang-Jogja sudah aktif, juga tak kalah menarik karena melewati Rawa Pening Ambarawa dengan view Gunung Merbabu.

Harapan penulis, kereta panoramic makin meningkatkan inovasinya serta kualitas pelayanannya agar penumpang setia KAI tetap nyaman selama perjalanan.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.