5 Komikus Terkaya di Dunia, Siapa Saja yang Kamu Kenal?

Komikus Stan Lee. (Ilustrasi: Flickr)

Komikus Stan Lee. (Ilustrasi: Flickr)

Like

Meski komikus menjadi pekerjaan yang kurang populer di kalangan masyarakat, pekerjaan ini bisa memberikan penghasilan yang fantastis. Berikut adalah daftar komikus terkaya di dunia.

Kebanyakan orang hanya menjadikan keahlian mereka menggambar komik sebagai hobi. Atau membaca komik saja tanpa mencoba untuk menjadi bagian produksinya.

Tapi ada orang-orang yang memiliki keahlian menggambar komik dan menjadikannya sebagai pekerjaan dengan pemasukan fantastis. 

Pekerjaan tersebut adalah komikus. Istilah ini merujuk pada orang yang ahli membuat komik. Komikus dipakai di Indonesia untuk menyebut pembuat komik, baik orang yang menciptakan cerita sekaligus pelukisnya maupun hanya pelukis/ilustrator saja.

Baca Juga: Perayaan 100 Tahun Stan Lee, Sosok di Balik Superhero Marvel!


Di Jepang pekerjaan ini disebut dengan mangaka, sedangkan di Amerika disebut comic artist. Menjadi komikus selain perlu keahlian menggambar juga perlu memiliki imajinasi yang kuat.

Ada beberapa orang yang terkenal karena menjadi komikus. Dari pekerjaan ini pula mereka mendapat uang atau royalti dalam jumlah besar.
 

Komikus Terkaya di Dunia


Mengutip dari Bisnis.com, berikut adalah 5 komikus terkaya di dunia.
 

1. David Choe


Tidak hanya sebagai komikus, David Choe juga seorang pelukis, seniman grafiti, novelis grafis, dan muralis yang berasal dari Amerika Serikat. 

Kekayaan bersihnya mencapai US$300 juta atau setara Rp4,6 triliun. Dia terkenal karena karyanya yang berjudul Slow Jams yang dia terbitkan sendiri dan kemudian disumbangkan di Comic-Con 1998. 

Lukisan figurnya dan diidentikkan dengan paus bergigi di dunia grafiti. Dia telah bekerja untuk majalah seperti "Hustler", "Vice", dan "Ray Gun", dan dia menjadi co-host podcast "DVDASA"
 

2. Stan Lee


Nama Stan Lee menjadi legenda di dunia komik. Meski telah meninggal pada 12 November 2018, karya-karyanya masih sangat digemari dan terus dijadikan rujukan untuk film atau komik lain. 

Pada tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan lebih lengkap dalam karakter seorang pahlawan yang kuat, sehingga menarik minat orang banyak, khususnya anak-anak.

Dia adalah dalang dibalik Spider-Man, X-Men, Iron Man, Thor, Black Panther, Dr. Strange, dan Ant-Man. Menurut Wealthy Genius, Stan adalah salah satu penulis buku komik terkaya dengan kekayaan bersih sebesar US$80 juta atau setara dengan Rp1,2 triliun.
 

3. Akira Toriyama


Nama Akira Toriyama sangat terkenal di dunia manga Jepang. Ia adalah tokoh di balik karya populer Dragon Ball, Dr. Slump, Dragon Quest, Blue Dragon, dan Chrono Tiger. 

Akira Toriyama memiliki kekayaan bersih yang signifikan sekitar US$50 juta atau setara Rp780 juta karena menjual lebih dari 350 juta eksemplar karya-karyanya tersebut.
 

4. Naoko Takeuchi


Naoko Takeuchi juga dikenal dengan Naoko Togashi, ia menjadi salah satu penulis manga Jepang yang paling terkenal dan sukses. Naoko sudah berkarya sejak belasan tahun lalu.

Baca Juga: Intip Aksi Duet Soldier dalam Serial The Falcon and The Winter Soldier

Karya-karya Naoko yang terkenal diantaranya Sailor Moon dan Codename: Sailor V. Menurut Yahoo! Finance, dia memiliki kekayaan bersih yang fantastis sekitar US$33 juta atau setara dengan Rp515 miliar.
 

5. Robert Kirkman


Dari Amerika ada juga Robert Kirkman, selain komikus dia juga seorang produser eksekutif dan editor. Robert terkenal karena ikut menulis komik The Walking Dead, Invincible, Tech Jacket, dan Outcast.

Selain itu karya terkenalnya adalah Battle Pope, Marvel Zombies, Oblivion Song, dan Irredeemable Ant-Man. Kekayaan bersihnya sekitar US$23 juta atau setara Rp359 miliar.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.