Founder Bursa Kripto Bitzlato Ditangkap karena Money Laundry

Bursa Kripto. (Ilustrasi: Canva)

Bursa Kripto. (Ilustrasi: Canva)

Like

Pihak berwenang menangkap salah satu pendiri Bitzlato karena telah melakukan kejahatan kripto berteknologi tinggi dengan nilai lebih dari US$700 juta.

Bitzlato adalah bursa kripto global yang terdaftar di bawah negara Hong Kong. Salah satu pendirinya adalah Anatoly Legkodymov, seorang warga negara Rusia berusia 40 tahun.

Ia ditangkap atas tuduhan tindakan kejahatan keuangan. Ia diduga menjalankan bisnis pengiriman uang yang tidak memenuhi persyaratan anti pencucian uang dan memindahkan dana ilegal.

Saat ini situs resmi bursa pertukaran kripto tersebut juga telah diblokir sehingga tidak dapat diakses lagi.

Departemen Kehakiman AS menuduh Anatoly Legkodymov, seorang warga negara Rusia yang tinggal di China, menjalankan bisnis yang melayani apa yang pernah dia gambarkan sebagai "penjahat".


Baca Juga: Tiba-Tiba Naik, Apakah Ada Manipulasi Pasar Kripto?
 
Mereka mengatakan Bitzlato memproses lebih dari US$700 juta (£567 juta) dana ilegal, melanggar aturan yang dirancang untuk menggagalkan pencucian uang.
 

Founder Bitzlato Ditangkap


Dari BBC diberitakan bahwa Legkodymov ditangkap di Miami dan akan diadili di AS karena kasusnya ini.

"Lembaga yang memperdagangkan cryptocurrency tidak kebal hukum dan pemiliknya tidak berada di luar jangkauan kami," kata Jaksa Penuntut AS Breon Peace pada konferensi pers pada hari Rabu, mengumumkan penangkapan tersebut.

Sejak 2018, bursa yang terdaftar di Hong Kong telah memproses transaksi mata uang kripto senilai sekitar US$4,5 miliar, menurut pengaduan tersebut.

Pihak berwenang mengatakan Bitzlato terkait erat dengan Hydra Market, pasar darknet untuk obat-obatan, pencucian uang, dan informasi keuangan curian yang ditutup oleh otoritas internasional tahun lalu.

Bitzlato mengklaim tidak menerima pelanggan AS tetapi jaksa mengatakan sebenarnya melakukan bisnis "substansial" dengan orang Amerika.

Baca Juga: Akhirnya Kapitalisasi Pasar Kripto Lebih dari US$1 Triliun Lagi!

Otoritas AS bekerja sama dengan penegak hukum di Prancis dan negara lain dalam operasi tersebut.

Anatoly Legkodymov ditangkap di Miami pada Selasa malam. Saat ini ia tinggal di China dan akan diadili di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan Florida pada Rabu sore.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.