Pekerja Kantoran Bisa Tambah Cuan Lewat 6 Kerja Sampingan Ini!

Cuan Kerja Sampingan. (Ilustrasi: Canva)

Cuan Kerja Sampingan. (Ilustrasi: Canva)

Like

Menjadi pekerja kantoran dengan rata-rata bekerja selama 8 hingga 12 jam sehari tidak serta merta membuat kebutuhan hidup terpenuhi.

Seiring meningkatnya kebutuhan hidup, bagi pekerja kantoran, perlu menambah sumber pendapatan lain tanpa meninggalkan penghasilan dari pekerjaan utama.

Kira-kira peluang cuan apa yang bisa didapatkan seorang karyawan untuk menambah pengasilannya? Simak yuk! 
 

Kerja Sampingan untuk Pekerja Kantoran


Beberapa pekerjaan sampingan ini mudah dijalani tanpa harus mengganggu pekerjaan utama di kantor.
 

1. Content Creator 


Seiring berkembangnya teknologi dan melahirkan digital marketing, keberadaan content creator semakin banyak dan dibutuhkan.


Saat ini, content creator bukan hanya bisa dilakukan oleh artis hits bahkan orang biasa dengan jumlah pengikut di sosial media yang tidak seberapapun bisa melakukannya.

Hal ini menjadikan content creator sebagai peluang penghasilan tambahan yang bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk pekerja kantoran yang memiliki jam kerja sekitar 8-12 jam sehari.

Penghasilan yang diperoleh pun bervariasi, mulai puluhan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung kesepakatan dengan platform atau agensi yang mengadakan. Contoh content creator yang sudah banyak adalah youtuber,  dan TikTok creator,  
 

2. Dropshipper


Salah satu proses jual beli yang menguntungkan karena hampir tanpa modal adalah dropship. Kegiatan ini minim modal karena pelaku tidak perlu stok barang sendiri.

Semua dilakukan oleh tangan pertama, mulai stock barang sampai proses pengiriman. Pelaku dropship hanya perlu memasarkan barang yang ingin di jual, tugas memasarkan sampai closing ini tentu saja tidak memerlukan modal yang besar, bukan.
 

3. Jasa Titip (Jastip)  


Usaha jasa memang pada umumnya minim modal. Jastip merupakan jasa pembelian barang kepada orang lain yang tidak bisa menjangkau. Biasanya bisnis ini pangsa pasarnya adalah para gen Z dan juga gen milenial.

Bisnis ini biasanya dilakukan ketika seseorang berpergian ke kota atau negara tertentu, tapi tidak menutup kemungkinan sesama kota juga ada bisnis jastip.

Di sesama kota umumnya pada toko yang tingkat antrian atau keramaiannya luar biasa. Jastip mengambil keuntungan bervarian, minimal Rp5 ribu per barang sampai ratusan ribu, tergantung pemilik bisnis jastip itu sendiri. 
 

4. Translator


Sebelum memilih jenis cuan tambahan minim modal ini, pastikan minimal kamu memiliki kemampuan bilingual (dua bahasa), serta menulis dan bercerita.

Berbeda halnya dengan interpreter yang membutuhkan kehadiran karena menerjemahkan ke bahasa lisan, translator menerjemahkan teks secara tertulis.

Baca Juga: Serunya Jadi Penerjemah Sastra yang Perannya Sering Terlupakan

Profesi ini bisa dilakukan dimana saja meskipun pekerja kantoran. Modalnya lebih kepada skill yang dimiliki, bukan modal uang yang besar. Tertarik gak nih, Be-Emers?
 

5. Penulis


Seperti halnya translator, penulis juga memerlukan skill. Menulis tidak harus di blog pribadi, saat ini cukup banyak website yang bisa menerima tulisan kamu, lho. 

Bahkan dari tulisan tersebut bisa menghasilkan cuan nih, contohnya di Bisnis Muda ini.
 

6. Design Grafis


Pekerjaan sampingan ini salah satu yang banyak dilakukan, misalnya pembuatan logo, postingan media sosial, ilustrasi dan sebagainya.

Untuk menghasilkan cuan dengan profesi ini, perlu skill dalam penguasaan tools Adobe Photosop bahkan saat ini banyak sekali tools yang mudah dipelajari dan gratis, seperti Canva.

Nah bagaimana Be-Emers, menurut kamu ada yang membuatmu tertarik untuk menambah penghasilan tambahan? 

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.