Layoff Google Berimbas ke Karyawan yang Lagi Cuti Melahirkan

Google Layoff. (Foto: Canva)

Google Layoff. (Foto: Canva)

Like

Banyak perusahaan teknologi yang melakukan layoff, salah satunya Google. Bahkan karyawan yang lagi cuti melahirkan dan enggak tau apa-apa ikut kena layoff.

Meskipun saham dari sektor teknologi sedang merangkak naik, banyak perusahaan dari sektor ini yang justru melakukan efisiensi dengan cara mengurangi pekerjanya atau layoff.

Dari akhir 2022, beberapa perusahaan besar telah melakukan layoff diantaranya Meta, Twitter, Amazon, dan beberapa perusahaan di luar sektor teknologi lainnya.

Selain melakukan layoff, sektor teknologi juga mengalami kelesuan sehingga muncul istilah tech winter untuk menggambarkan kelesuan sektor teknologi. 

Tech winter ternyata juga menyerang perusahaan besar sekelas Google. Perusahaan raksasa teknologi ini diketahui juga melakukan layoff tanpa pandang bulu.


Bahkan karyawan yang baru melahirkan dan sedang cuti juga terkena imbasnya. Duh, kok bisa gitu?
 

Google Layoff, Karyawan Cuti Hamil Kena 


Seperti yang diberitakan Insider, sepasang suami istri yang baru saja punya bayi berusia 4 bulan sama-sama terkena layoff oleh Google. Padahal sang Ibu lagi cuti melahirkan.

Sepasang suami istri ini bernama Allie dan Steve. Allie sudah bekerja di Google sejak enam tahun lalu, sedangkan Steve bekerja di Google dua tahun setelahnya. 

Baca Juga: Spotify Mau Layoff 6 Persen Karyawannya, Kenapa Lagi?

Mereka memiliki anak pertama di musim gugur. Allie mengambil cuti sebagai orang tua tidak lama sebelumnya dan berencana untuk cuti total selama sekitar delapan bulan. 

Steve mengambil cuti melahirkan selama dua bulan pada akhir tahun 2022 dan dijadwalkan untuk mengambil dua bulan lagi pada bulan Maret.

Google mengumumkan di Jumat (20/01) bahwa mereka akan memberhentikan sekitar 12.000 karyawan, atau sekitar 6 persen dari tenaga kerjanya. 

Allie dan Steve termasuk di antara mereka yang terkena dampak, kata mereka kepada Insider. Mereka menemukan bahwa mereka diberhentikan pada saat yang sama.

Allie adalah seorang marketing manager, sedangkan Steve adalah research-operations manager. Allie mengatakan mereka tidak benar-benar bertemu setiap hari di tempat kerja karena mereka bekerja di gedung yang berbeda tetapi terkadang makan siang bersama dan menggunakan jalur sepeda Google.

Allie mengatakan ada tanggapan yang luar biasa setelah dia mengumumkan berita layoff dengan orang-orang dari Google. Perusahaan lain menghubungi, dalam beberapa kasus menawarkan pekerjaan.

Pasangan itu mengatakan mereka berencana untuk menggunakan PHK ganda mereka sebagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka sendiri. 

Mereka mendirikan White Cube Media, yang membuat video penjelasan animasi untuk perusahaan, pada tahun 2014 dan mengerjakannya di waktu luang mereka.

Baca Juga: Lebih dari 25 Ribu Pekerja Tech Kena Layoff di Awal 2023

Layoff yang dilakukan Google ini sangat tiba-tiba dan impersonal, mereka bahkan mengetahui informasi layoff dari email. 

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.