Marie Kondo Si Ratu Beberes Menyerah Merapikan Rumah, Kenapa?

Marie Kondo. (Foto: Wikimedia)

Marie Kondo. (Foto: Wikimedia)

Like

Marie Kondo terkenal karena menemukan metode atau seni beres-beres bernama Konmari. Tapi beberapa waktu yang lalu ia mengatakan menyerah untuk beres-beres rumah. Kenapa tuh?

Marie Kondo merupakan konsultan kebersihan profesional di Jepang. Ia juga mengeluarkan buku yang membahas tentang seni merapikan barang. 

Seni beres-beres Marie Kondo telah dipakai oleh banyak orang di dunia sehingga ia dikenal juga dengan Ratu Beres-Beres.

Salah satu gagasan yang terkenal dari Marie Kondo adalah “buang yang tidak menimbulkan spark joy” atau jangan simpan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan dan tidak berkesan.

Lama menjadi konsultan kebersihan, Marie Kondo mengaku menyerah untuk merapikan rumahnya. Terdengar lucu dan ironis. Tapi apa penyebabnya ya?
 

Marie Kondo Menyerah Beres-Beres



The Guardian memberitakan pada 30 Januari 2023, kelahiran anak ketiga Marie Kondo telah mengubah prioritasnya. Ia “cenderung menyerah” untuk merapikan rumahnya.

Pakar beres-beres Jepang yang terkenal di dunia ini mengakui bahwa dengan tiga anak yang harus dijaga, rumah keluarganya "berantakan" dan merapikan bukan prioritas sekarang.

“Rumah saya berantakan, tetapi cara saya menghabiskan waktu adalah cara yang tepat untuk saya saat ini di tahap hidup saya ini,” katanya kepada Washington Post.

Baca Juga: Tips Memulai Decluttering untuk Sambut Tahun Baru!

Konsultan kebersihan ini mengatakan hidupnya telah berubah secara signifikan sejak kedatangan putranya pada tahun 2021.

“Sampai sekarang, saya adalah seorang tukang beberes profesional, jadi saya melakukan yang terbaik untuk menjaga kerapian rumah saya setiap saat,” katanya, selama webinar online.

"Saya agak menyerah pada hal itu, dengan cara yang baik untuk saya," katanya. “Sekarang saya menyadari yang penting bagi saya adalah menikmati menghabiskan waktu bersama anak-anak saya di rumah.”

Buku terbaru Kondo, Marie Kondo Kurashi at Home: How to Organise Your Space and Achieve Your Ideal Life, berpusat pada konsep kurashi Jepang, yang berarti “cara hidup”. 

Sejak menjadi ibu dari tiga anak, dia mengatakan bahwa cara hidupnya telah berubah dan fokusnya telah beralih dari organisasi ke cara-cara sederhana untuk membawa kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam buku itu, dia menulis: "Merapikan berarti menangani semua 'hal' dalam hidup." Bagi Kondo, ini berarti mengevaluasi bagaimana mengatur hidup dan menciptakan ritme diri sendiri berdasarkan apa yang membuat bahagia.

Kondo, yang tinggal di California bersama keluarganya, mengatakan dia tidak lagi menekan dirinya sendiri untuk selalu menjaga ketertiban rumahnya. 

Dia dan suaminya sekarang merencanakan hari-hari mereka sehingga mereka dapat menghabiskan banyak waktu bersama anak-anak dan tetap menyelesaikan tugas-tugas penting.

Baca Juga: Diyakini Bisa Cegah Stres, Yuk Kenali Apa Itu Decluttering?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.