Simak Empat Tips Bagi Kurir Pemula Ini!

Kurir mengantarkan barang ke banyak tempat (Ilustrasi: Canva)

Kurir mengantarkan barang ke banyak tempat (Ilustrasi: Canva)

Like

Mengirim barang ke banyak alamat itu susah-susah gampang. Memang sekarang banyak tersedia kurir atau ekspedisi yang bisa pickup barang di rumah dan sampai di tujuan dalam waktu yang relatif cepat.

Namun, jika waktunya terbatas dan barang harus segera diantar, tidak ada salahnya mengirim barang tersebut secara pribadi. 

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mengirim barang ke banyak alamat antara lain, rute yang pendek, waktu yang cepat dan bahan bakar yang digunakan tidak menghabiskan biaya banyak.

Sebagai seorang pemula yang tidak berpengalaman, mengirim barang bisa memakan waktu yang cukup lama untuk berpikir. Untuk itu, berikut ini ada 4 tips singkat untuk menjadi kurir pemula.


4 Tips untuk Kurir Pemula


1. Tentukan Tujuan Akhir


Pertama, tentukan tujuan akhir. Jika anda akan berangkat dari rumah dan berakhir di rumah, berarti anda akan membuat rute perjalanan berputar.


Anda mengawali pengiriman yang dekat rumah dan mengakhiri kiriman juga dekat dengan rumah (biasanya arah berangkat dan arah pulang berlawanan). Selain itu, jika tujuan akhir anda adalah alamat terjauh, rute anda adalah rute perjalanan lurus. 


2. Kelompokan Sesuai Area


Kedua, pilih dan pilah alamat sesuai area sehingga anda tidak perlu kembali lagi ke area tersebut saat mengirim. Seperti misalnya mengirim barang ke satu desa/kelurahan terlebih dahulu.

Jika area yang anda cover area yang kecil, bisa dikelompokkan ke RW/RT yang sama terlebih dahulu. Atau jika area anda besar, bisa dikelompokkan per kecamatan atau kabupaten. 


3. Penataan Barang


Ketiga, barang ditata mulai yang diantar terakhir. Barang yang diantar terakhir ada di posisi paling bawah atau paling dalam dan urut sampai yang diantar pertama di posisi teratas.

Jika barang sudah tertata sesuai urutan ini, anda tidak perlu membongkar muat barang yang sudah anda bawa karena sudah ditata sejak berangkat. 


4. Kenali Area


Keempat, sebisa mungkin kirim barang yang anda sudah tahu atau sudah kenal daerahnya terlebih dahulu. Ini untuk membuat barang yang anda bawa lebih cepat berkurang dan membuat beban di kendaraan anda semakin sedikit.

Selain untuk mengurangi bahan bakar, hal ini juga secara psikologis membantu anda bersemangat karena paket yang anda bawa terasa cepat habis. 

Nah, 4 tips diatas merupakan tips bagi yang memulai pekerjaan dalam bidang kurir yah Be-mers, coba di praktikkan, siapa tau bermanfaat !
 
Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.