Ajaib, 5 Bangunan Ini Bisa Terlihat dari Luar Angkasa!

Piramida Giza dan Tambang Ngarai Bingham. (Foto: Bisnis.com)

Piramida Giza dan Tambang Ngarai Bingham. (Foto: Bisnis.com)

Like

Bumi menyimpan fenomena-fenomena yang terkadang bisa membuat berdecak kagum. Salah satunya adalah fenomena yang dibuat oleh manusia sendiri, yaitu bangunan. Beberapa bangunan ini dibuat dengan megah sehingga bisa terlihat dari luar angkasa.

Hebatnya manusia yang diberikan akal bisa membuat bangunan sedemikian rupa yang bisa dilihat dari luar angkasa. Padahal seperti yang kita tahu, luar angkasa jauhnya jutaan kilometer dari bumi.

Normalnya, bangunan jika ditarik garis pandang lurus tidak akan terlihat dalam jarak ratusan kilometer. Jadi, bisa Be-emers bayangkan sebesar dan semegah apa bangunan-bangunan ini hingga terlihat dari jarak sangat jauh.
 

5 Bangunan yang Terlihat dari Luar Angkasa


Baca Juga: Alami Kerusakan, 5 Situs Warisan Dunia Terancam Hilang Status!

Astronaut dan perusahaan yang bergerak di luar angkasa telah membuktikan bahwa bangunan-bangunan berikut terlihat dari luar angkasa. Berikut daftarnya yang telah dirangkum Bisnis.com.
 

1. Piramida Giza



Piramida Giza berada di Mesir dan jadi salah satu keajaiban dunia. Astronot Inggris Tim Peake menyatakan bahwa mereka tidak bisa melihatnya, tetapi dia mengakui bahwa struktur masif dapat dilihat secara relatif jelas melalui lensa 800 mm. 

Namun, Leroy Chiao, mantan astronot NASA dan komandan ISS, menegaskan dia melihat piramida saat berada di orbit. Jadi bisa disimpulkan Piramida Giza menjadi salah satu objek yang terlihat dari luar angkasa.
 

2. Palm Jumeirah Dubai


Be-emers tahu bangunan di atas laut yang seperti pulau dan berbentuk pohon palem kan? Itu adalah Palm Jumeirah di Dubai. Gedung ini juga dapat dilihat sekilas dari jalur Kármán. 

Dengan lensa 800 mm (31 inci), pulau-pulau buatan tersebut dapat dilihat dengan jelas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang mengorbit pada ketinggian rata-rata sekitar 250 mil (400 km) di atas permukaan laut.
 

3. Tambang Ngarai Bingham


Tambang ini sangat besar, berada sekitar 20 mil (32 km) tenggara Salt Lake City. Ini adalah objek galian manusia terbesar yang pernah ada dan juga merupakan tambang "lubang terbuka" terdalam di mana pun di dunia.

Saking besarnya tambang ini dilaporkan dapat dilihat oleh astronot di atas Pesawat Luar Angkasa NASA, yang mengorbit pada ketinggian antara 190 dan 330 mil (305 hingga 531 km) di atas permukaan laut.
 

4. Bendungan Tiga Ngarai


Bendungan Tiga Ngarai yang membentang di Sungai Yangtze di Tiongkok, juga terlihat dari luar angkasa, menurut NASA. 

Baca Juga: Solusi Hunian Sehat, Intip Gaya Rumah ala Jepang Yuk!

Bendungan ini dengan mudah menjadi fasilitas penghasil listrik terbesar di dunia dan dianggap sebagai bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun. Tingginya 607 kaki (185 m) dan panjangnya lebih dari 1,2 mil (2 km).
 

5. Jalan Raya


Beberapa jalan raya yang besar bisa dilihat dari luar angkasa. Apalagi jalan raya yang kontras dengan lingkungan sekitarnya. 

Jalan raya yang melewati daerah tandus seperti gurun terlihat dari luar angkasa. Tapi juga tergantung kondisi dan cahaya, kata Chris Hadfield, mantan komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Wah Candi Borobudur berarti harus digedein lagi ya Be-emers biar kelihatan dari luar angkasa!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.