Apa Efek Ramadan dan Lebaran untuk Pergerakan Saham di BEI?

Efek Ramadan dan Lebaran untuk Pergerakan Saham (Ilustrasi: Canva)

Efek Ramadan dan Lebaran untuk Pergerakan Saham (Ilustrasi: Canva)

Like

Beberapa waktu ke depan kita akan menyambut bulan suci Ramadan dan Lebaran. Ada satu hal yang pasti terlintas oleh investor terkait momen ini.

Bagi investor pertanyaan yang pasti muncul setiap momen tersebut adalah: "Apa efek Ramadhan dan Lebaran untuk pergerakan saham di BEI"

Mari kita bahas lebih lanjut apakah bulan Ramadan dan momen Lebaran ini memiliki efek bagi pergerakan saham di BEI.
 

Apa Efek Ramadan dan Lebaran untuk Saham?


Nah kita coba cek beberapa hasil penelitian yang sudah dilakukan, antara lain:
 

1. The Lebaran Effect on Indonesian Stock Returns


Laporan yang ditulis oleh Gunawan dan Prihatningtias (2019) menemukan bahwa terdapat efek positif dari fenomena Lebaran terhadap tingkat pengembalian saham di pasar modal Indonesia.


Baca Juga: Jenis-Jenis Saham Berdasarkan Kualitasnya

Dalam periode penelitian, IHSG menunjukkan kecenderungan mengalami kenaikan selama periode sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri.
 

2. The Effect of Ramadan on the Indonesian Stock Market


Laporan yang ditulis oleh Yuniarti dan Sari (2016) menemukan bahwa saham di pasar modal Indonesia cenderung mengalami kenaikan signifikan selama bulan Ramadan, terutama pada periode kedua dan ketiga bulan Ramadan.
 

3. Ramadan and Lebaran Effects on the Indonesian Stock Market: The Case of IDX30


Laporan yang ditulis oleh Nugrahanti et al. (2021) menemukan bahwa indeks IDX30 cenderung mengalami penurunan pada hari-hari menjelang Lebaran, namun naik kembali pada hari-hari sesudah Lebaran.
 

4. The Influence of Ramadan on Stock Market Performance: A Study of Seven Muslim-Majority Countries


Studi ini dilakukan oleh Mohamad Azmi Omar, et al. dalam jurnal International Journal of Economics, Management and Accounting pada tahun 2018.

Baca Juga: Mengukur Mahal Murahnya Saham dengan Value Investing

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama bulan Ramadhan, tingkat keuntungan saham dan volume perdagangan saham cenderung menurun secara signifikan di sebagian besar negara yang mayoritas penduduknya muslim.
 

5. The Effect of Ramadan on Stock Market Return: Evidence from Indonesia


Ditulis oleh Riza Fahlevi dan Adianto Nugroho, dipublikasikan dalam jurnal International Journal of Business and Society pada tahun 2020.

Studi ini menunjukkan bahwa selama bulan Ramadhan, terjadi penurunan signifikan pada harga saham di pasar modal Indonesia. Namun, efek ini hanya bersifat sementara dan harga saham kembali normal setelah bulan Ramadhan berakhir.

Namun, perlu diingat bahwa efek ini bersifat sementara dan terjadi pada periode pendek setelah Lebaran atau selama bulan Ramadan saja. Dalam jangka panjang, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan dari fenomena Lebaran atau Ramadan terhadap perilaku pasar modal Indonesia.

Oleh karena itu, para investor dan pelaku pasar modal tetap harus berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi mereka dan tidak mengandalkan faktor musiman saja.
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.