Dulu Jatuh Bangun, 5 Cerita Sukses Pebisnis Kuliner Asal Indonesia Sangat Menginspirasi

Like

3. Jerome Polin & Jehian Sijabat - Menantea

 

Menantea

Menantea


Kisah sukses usaha kuliner salah satunya berasal dari merek Menantea. Ia adalah Jerome Polin, YouTuber dan influencer sukses yang kini terjun berbisnis. Bersama kakaknya Jehian Sijabat, mereka sukses membangun brand Menantea hingga memiliki ratusan cabang.

Menantea merupakan brand kuliner yang didirikan Jerome Polin pada April 2021 lalu. Bisnis dengan produk utama berupa teh kekinian ini sangat berkembang hingga tersebar ke beberapa wilayah di Indonesia. Jerome dan Jehian membuat usaha ini berawal dari keinginannya untuk membantu mengurangi pengangguran di Indonesia selama masa pandemi Covid-19.

Jerome dan Jehian pun akhirnya mendirikan Menantea dengan mengusung konsep toko yang menyediakan beragam minuman teh kekinian dengan aneka varian rasa.  Meski baru dibuka pada 10 April 2021 lalu, Menantea melejit diterima masyarakat Indonesia. Gerainya pun mulai banyak dibuka di beberapa wilayah seperti Jakarta, Semarang, dan Depok.

Jerome dan Jehian cukup serius dalam menjalankan bisnis ini. Bahkan, kedua kakak beradik ini didampingi oleh ahli bisnis di bidang kuliner agar bisnis Menantea semakin berkembang. 

4. PT Richeese Kuliner Indonesia - Richeese Factory

 

Recheese Factory

Recheese Factory


Be-emers, Richeese Factory dikenal sebagai restoran cepat saji yang menyajikan menu utama olahan ayam krispi dengan saus pedas. Produk dari Richeese Factory cukup digemari oleh kalangan remaja Indonesia yang memiliki selera makanan pedas.


Richeese Factory sebenarnya merupakan sebuah jaringan restoran cepat saji yang dimiliki oleh PT Richeese Kuliner Indonesia, anak perusahaan dari PT Kaldu Sari Nabati Indonesia. Outlet Richeese Factory pertama kali didirikan pada 8 Februari 2011 di Paris Van Java Mal, Bandung, Jawa Barat. 

Dari waktu ke waktu, Richeese Factory mulai dikenal dan digemari oleh masyarakat. Pada 2019 lalu, outlet yang dimiliki Richeese Factory sudah memiliki 162 outlet di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk PT Kaldu Sari Nabati sendiri, yang merupakan perusahaan induk dari PT Richeese Kuliner Indonesia sudah berdiri sejak 1993.

Kala itu, nama yang digunakan adalah PT Nabati Jaya Indonesia. Pada awal pendiriannya, Nabati hanya fokus pada sektor industri makanan ringan dengan skala yang kecil. Produk pertama yang dikeluarkan oleh Nabati adalah Nabati Chocolate Coated Wafer. Seiring berjalannya waktu, Nabati mulai mengeluarkan berbagai produk makanan ringan dan merubah nama perusahaannya menjadi PT Kaldu Sari Nabati Indonesia pada 2011. 

Merek Richeese sendiri sudah ada sejak 2007, namun pendirian Richeese Kuliner Indonesia baru dilaksanakan pada 2011 lho.