Beli Mobil Budget Motor? Ini Tips Membeli Mobil Tua!

Mobil tua

Mobil tua

Like

Halo Be-emers mempunyai mobil adalah impian dari banyak orang apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan punya banyak anak karena sudah tidak mungkin lagi berpergian menggunakan sepeda motor.

Tapi harga mobil yang hampir sama dengan harga rumah inilah yang membuat banyak orang berpikir mustahil untuk membeli mobil.

Eits tenang dulu, jangan berpikir seperti itu. Kita masih bisa kok membeli mobil seharga sepeda motor. Iya, kamu enggak salah baca kok. Kita bisa membeli mobil seharga sepeda motor dengan pertimbangan dan ketentuan tertentu.

Misalnya, beli mobil second yang tahun rilisnya sudah lama. Banyak mobil tahun 1980-2000 yang seharga sepeda motor dan masih layak untuk kita pakai bersama keluarga kita. 
 

Tips Membeli Mobil Tua


Mobil-mobil ini juga disebut dengan mobil tua. Sebelum membeli mobil tua, ada beberapa hal yang harus kita lakukan.


Baca Juga: Tenang, Mobil Ditabrak Singa Bisa Klaim Asuransi Kok!


1. Tentukan Jenis Mobil yang Mau Dibeli 


Cari tahu jenis-jenis mobil tua lewat internet, review orang, atau komunitas mobil. Setelah tahu jenisnya, tentukan mobil apa yang ingin kita beli.


2. Cek Ketersediaan Sparepart


Cek ketersediaan sparepart mobil yang kita mau beli di pasaran. Cari mobil yang sparepartnya mudah di temukan.


3. Cek Harga Pasaran


Cek harga pasaran mobil yang mau kita beli di bursa mobil. Jangan sampai kita beli terlalu mahal dari harga pasarannya.


4. Cek Mobil secara Teliti


Cek mobil yang kita mau beli secara teliti karena mobil tua riskan dengan berbagai kerusakan, misalnya keropos. Penting dan harus dilakukan untuk cek sambil tiduran di bawah kolong mobil yang kita mau beli karena mobil tua riskan keropos di bagian chasis bawah mobil.


5. Bawa Teman


Bawa teman yang mengerti mobil tua atau mekanik untuk cek mobil. Teman ini akan sangat membantu kamu yang tidak begitu paham soal mobil terutama yang sudah tua.


6. Cek Surat-Surat


Cek surat-surat mobil dan pastikan nomor rangka dan nomor mesinnya sesuai.


7. Test Drive


Test drive mobil yang mau kita beli. Kita harus membawa mobil itu melewati jalan rusak, jalan bagus, jalan menanjak, cek rem, cek stir, cek suspensi, cek semua fitur apa masih fungsi atau tidak.

Jika ada yang tidak berfungsi dan perbaikannya tidak terlalu mahal cukup dimaklumi karena itu adalah mobil tua.

Baca Juga: Seharga Ratusan Miliar, Ini 5 Mobil Termahal di Dunia Tahun 2022!


8. Pertimbangkan Harga


Jangan terbuai harga murah tapi banyak kerusakan. Lebih baik beli dengan harga lebih mahal sedikit tapi minim kerusakan.


9. Maintenance


Maintenance mobil tua emang lebih banyak daripada mobil baru. Tapi, itu bisa kita minimalisir dengan rutin perawatan secara berkala. Enaknya mobil tua kita tidak perlu maintenance bulanan ke dealer (bayar cicilan).

Mobil tua sering mogok itu tergantung perawatan dari setiap individu masing-masing. Jika rutin dirawat dan service berkala kemungkinan mogok sangat minim. Mobil baru saja kalo tidak di rawat bisa mogok .
 

Rekomendasi Mobil Tua yang Masih Layak


Sedikit rekomendasi mobil tua yang masih layak digunakan dan sparepartnya masih banyak ditemui.
 
  1. Toyota Kijang Kotak/Kapsul tahun 1986-1996 
  2. Sedan Timor 1996-2000
  3. Daihatsu Espass
  4. Daihatsu Charade Classy/Winner
  5. Toyota Starlet Kotak/Bakpao
  6. Suzuki Katana
  7. Toyota Corolla
  8. Honda Civic Wonder
  9. Isuzu Panther
  10. Suzuki Baleno 

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. Ingat, beli fungsi bukan karena gengsi. Beli karena butuh bukan agar dikira mampu. Jangan memaksa agar terlihat kaya. Semoga Be-emers bisa segera membeli mobil impian yaa!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.