Hajar Kanan Hajar Kiri, Apa Sih Maksudnya dalam Saham?

Ilustrasi trading saham (Canva)

Ilustrasi trading saham (Canva)

Like

Investor saham sering menggunakan istilah hajar kanan atau haka dan hajar kiri atau haki untuk menggambarkan keadaan tertentu. Tapi, apakah kamu sudah tahu arti sebenarnya dari hajar kanan dan hajar kiri?

Ada banyak istilah dalam dunia saham yang digunakan untuk menggambarkan keadaan dan merujuk pada komponen tertentu. Sebagai investor pemula, tidak harus menghafalkan semua istilah cukup memahaminya saja.

Banyaknya istilah dalam saham pasti akan membuat kita mumet jika harus memahami dan langsung menghafalkan dalam waktu sekaligus. Maka dari itu, investasi adalah pelajaran terus-menerus.

Investasi juga belajar sambil berjalan. Semakin mendalami maka akan semakin banyak hal yang dipelajari dan dipahami.

Ada satu istilah yang sering dipakai oleh investor saat sedang melakukan transaksi saham. Istilah ini adalah hajar kanan atau juga disingkat haka dan hajar kiri atau haki.


Baca Juga: Cari Tahu Soal Bear Market Agar Lebih Siap Investasi!


Apa Maksud Hajar Kanan dalam Saham?


Saat melakukan transaksi saham, terdapat dua kolom. Di sebelah kanan ada kolom offer dan di sebelah kiri ada kolom bid. Nah, Haka ini berkaitan dengan dua kolom yang ada di kanan dan kiri itu.

Haka atau hajar kanan merujuk pada  kolom di sebelah kanan yaitu offer. Haka memiliki maksud langsung membeli tinggi saham dengan harga market tanpa melakukan antrian. 

Investor membeli langsung di harga saham pada penjual yang mengantre jual di kolom harga sebelah kanan. 

Haka juga bisa dijadikan strategi dalam membeli saham, dengan memasang harga tinggi di kolom offer (antrean jual) agar bisa segera mendapatkan saham yang diinginkan. 

Belum tentu semua investor bisa mendapatkan saham yang diinginkannya, sehingga memasang harga tinggi di kolom offer merupakan hal yang lumrah. Ini tentu akan bergantung pada harga yang dipatok sebelumnya.

Umumnya, yang melakukan haka adalah trader yang sudah sangat yakin harga saham tersebut akan menguat. 

Baca Juga: Tips untuk Investor Pemula, Wajib Tahu Istilah Ini Biar Enggak Nyasar di Bursa Saham!


Kalau Hajar Kiri Apa Maksudnya?


Hajar kiri atau haki tidak jauh berbeda dengan hajar kanan. Kita tadi sudah membahas bahwa ketika transaksi saham ada dua kolom. Haki merujuk pada kolom di sebelah kiri atau kolom bid.

Kalau hajar kanan membeli tanpa antre maka hajar kiri adalah menjual dengan harga langsung tanpa antre atau menjual obral. 

Haki juga menjadi strategi menjual saham dengan memasang offer di bawah harga pasar atau di bawah angka bid tertinggi. 

Haki juga biasanya dilakukan oleh trader yang yakin bahwa harga saham tersebut sudah mulai sulit untuk naik. Dengan keyakinan tersebut mereka lebih baik langsung menjual saham di harga yang lebih murah atau setidaknya sesuai dengan harga pasar saat itu. 

Mudahnya, untuk memahami istilah ini yang harus diingat adalah haka berkaitan dengan membeli saham dan haki berkaitan dengan menjual saham.

Haka dan haki harus disertai dengan pemahaman dan analisis akan pergerakan saham yang baik. 

Jika kamu merupakan investor pemula, lebih baik memahami sebanyak-banyaknya ekosistem saham dan melakukan analisis dari yang paling dasar atau secara fundamental.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.