Binance Hengkang dari Kanada di Tengah Peraturan Kripto Baru

Binance Hengkang dari Kanada di Tengah Peraturan Kripto Baru (Ilustrasi: Canva)

Binance Hengkang dari Kanada di Tengah Peraturan Kripto Baru (Ilustrasi: Canva)

Like

Kanada mengeluarkan serangkaian pedoman baru untuk pertukaran cryptocurrency di negaranya. Beberapa minggu setelahnya Binance menarik diri dari negara tersebut.

Peraturan mengenai kripto memang berbeda dengan komoditas lain dan masih belum jelas. Banyak pihak yang terus mendorong dan mengupayakan penegakan regulasi kripto.

Upaya penegakan regulasi kripto yang telah dilakukan oleh berbagai pihak selama bertahun-tahun nampaknya mulai membuahkan hasil sedikit demi sedikit.

Kanada jadi salah satu negara yang mulai menerapkan regulasi kripto. Kanada telah memperketat peraturan untuk platform perdagangan aset kripto dalam beberapa bulan terakhir, dengan memperkenalkan proses prapendaftaran.

Perusahaan yang tidak mematuhi aturan akan menghadapi potensi tindakan penegakan hukum, menurut situs Ontario Securities Commission atau Komisi Sekuritas Ontario.


Baca Juga: FTX Bangkrut, CEO Binance Sebut Harus ada Regulasi untuk Pasar Kripto


Binance Hengkang dari Kanada


Seperti yang diberitakan Reuters, Binance sepertinya tidak sejalan dengan regulasi baru kripto di Kanada dan ini membuat mereka memilih menarik diri dari negara tersebut.

"Sayangnya, panduan baru terkait stablecoin dan batas investor yang diberikan untuk pertukaran crypto membuat pasar Kanada tidak lagi dapat dipertahankan untuk Binance saat ini," kata pertukaran crypto Binance dalam sebuah tweet.

Binance mengatakan tidak setuju dengan pedoman terbaru dan berharap untuk terlibat dengan regulator Kanada untuk membuat kerangka kerja komprehensif untuk operasi crypto di negara tersebut.

"Kami yakin suatu hari nanti kami akan kembali ke pasar ketika pengguna Kanada sekali lagi memiliki kebebasan untuk mengakses rangkaian aset digital yang lebih luas," kata pertukaran crypto, yang didirikan oleh Changpeng Zhao berkebangsaan Kanada.

Industri aset digital telah berada di garis bidik regulator di seluruh dunia, terutama sejak jatuhnya FTX saingan Binance pada bulan November, yang memicu kekalahan pasar dalam harga koin digital terbesar.

Baca Juga: Pasar Tetap Tumbuh, Larangan Kripto China Tak Berpengaruh?

Menyusul permulaan musim dingin crypto tahun 2022, yang menghapus lebih dari satu triliun dolar dari nilai pasar industri, anggota parlemen dan regulator sekuritas menuntut pedoman yang lebih ketat untuk pengungkapan tentang bagaimana perusahaan crypto beroperasi dan menyimpan dana pelanggan.

Pada bulan Maret, Binance dan CEO-nya Zhao digugat oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas A.S. karena mengoperasikan apa yang menurut regulator merupakan pertukaran "ilegal" dan program kepatuhan "palsu".

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.