Dianggap Lebih Cerdas dari Orang Biasa, Apa Itu Street Smart?

Apa Itu Street Smart? - Image: Canva

Apa Itu Street Smart? - Image: Canva

Like

Kecerdasan tiap orang memang berbeda. Terutama, orang dengan julukan street smart. Apa itu?

Ada banyak cara untuk bisa menambah pengetahuan. Mulai dari membaca buku, menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, hingga aktif mengikuti seminar dan pelatihan.

Di satu sisi, ternyata kecerdasan juga bisa ditingkatkan melalui pengalaman. Hal itu lah yang dilakukan oleh orang-orang dengan kemampuan street smart.
 

Apa Itu Street Smart?

Kalau secara harfiah, istilah street smart artinya bisa menjadi pintar di jalanan. Lebih dari itu, street smart adalah kecerdasan yang didapat dari pengalaman hidup, bukan dari teori buku atau akademik.

Dilansir dari Oxford Dictionary, street smart atau street-smart adalah pengalaman dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi potensi kesulitan atau bahaya dalam kehidupan.

Jadi, seseorang yang memiliki kecerdasan ini bisa mengatasi masalah yang dihadapi berdasarkan pengalamannya. Sehingga, tanpa perlu menempuh pendidikan formal, seseorang yang punya kemampuan street smart bisa terus belajar dan meningkatkan kecerdasannya.


Baca Juga: Kerja Keras dan Kerja Cerdas, Dua Hal Berbeda yang Sama Pentingnya

Kemampuan ini biasanya enggak bisa kamu dapatkan hanya dari pendidikan formal. Sebab, street smart akan bisa tumbuh jika kamu pernah punya pengalaman seperti bekerja, aktif bersosialisasi, mengikuti komunitas, atau bahkan berorganisasi.

 

Street Smart bisa diasah dengan aktif berorganisasi - Image: Canva

Street Smart bisa diasah dengan aktif berorganisasi - Image: Canva

 

Keuntungan Street Smart

Pengalaman yang kamu peroleh akan menjadi bekal untuk memecahkan masalah hingga mengembangkan ide dan inovasi.

Street smart, atau yang sering pula disebut sebagai kecerdasan praktis, merupakan kemampuan yang bisa membuat seseorang mampu beradaptasi dengan cepat dan peka terhadap situasi.

Alhasil, ketika sedang menghadapi masalah, seseorang dengan kemampuan street smart bisa langsung menyelesaikannya berdasarkan pemahaman dan pengalamannya tanpa harus dilandasi teori formal.

Enggak heran, tokoh besar seperti Founder Apple Inc. Steve Jobs mampu menciptakan banyak inovasi di bidang teknologi, meski ia pernah drop out dari Reed College. Begitu juga dengan Founder Microsoft Bill Gates yang hengkang dari Harvard University, setelah dua tahun menempuh pendidikan di sana.

Meski begitu, pendidikan formal juga penting. Sebab, dengan pendidikan formal yang didukung pengalaman kegiatan organisasi atau pekerjaan, tentunya akan membantu kamu untuk bisa berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah dengan bijak.

 

Kenali Tanda-Tanda Kamu Punya Street Smart - Image: Canva

Kenali Tanda-Tanda Kamu Punya Street Smart - Image: Canva

 

Tanda-Tanda Kamu Punya Street Smart

Setiap orang memang punya pengalaman hidup yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana caranya kita bisa tahu kalau kita punya kemampuan street smart atau tidak?

Dilansir dari Bustle, kalau kamu punya tanda-tanda di bawah ini, bisa jadi kamu punya kemampuan street smart, lho!
 

1. Waspada pada Sekitar

Orang yang punya kemampuan street smart adalah orang yang punya kepekaan tinggi. Membuka mata dan telinga sangatlah penting.

Hal itu akan membuat si street smart mampu waspada terhadap segala kemungkinan. Sehingga, dirinya tidak akan mudah panik, kebingungan, atau kabur saat menghadapi masalah.

Baca Juga: Game yang Bisa Mengasah Kecerdasan Finansial, Emang Ada?
 

2. Percaya Diri

Hal yang sangat terlihat dari orang dengan kemampuan street smart adalah rasa percaya diri. Ingat, percaya diri dengan sombong itu beda ya.

Rasa percaya diri ini adalah keyakinan bahwa dirinya mampu menyelesaikan masalah dan berpikir selangkah lebih maju dari orang lain.
 

3. Tahu Caranya Berbaur

Ini enggak hanya berlaku bagi para ekstrovert. Seseorang dengan street smart yang kepribadiannya introvert pun tahu bagaimana caranya berbaur.

Sebab, intuisi orang yang punya street smart akan selalu mencari orang-orang lain yang bisa memberikannya pengalaman baru. Sehingga, ilmu dan keahliannya akan terus berkembang.

Misalnya, dengan mengikuti komunitas atau seminar, seorang dengan street smart akan berusaha untuk berbaur agar pengalamannya berkembang.
 

4. Enggak Mudah Diintimidasi dan Meminimalisir Risiko

Kalau kamu punya street smart, kamu akan punya jalan pikiran kamu sendiri. Kamu pun enggak akan mudah diintimidasi oleh orang lain.

Pendirianmu sudah terlatih. Sebab, pola pikir street smart sudah terbiasa dengan rasa percaya diri yang kuat.

Hal itu juga yang bikin orang dengan kemampuan street smart mampu meminimalisir masalah. Mereka terbiasa belajar dari pengalaman dan segera melakukan evaluasi.
 

5. Terbiasa Punya Rencana

Hidup bukan hanya tentang hari ini. Bahkan, hidup punya banyak sekali kemungkinan dan risiko.

Makanya, orang dengan kemampuan street smart sudah terbiasa untuk punya rencana. Bahkan, mereka akan menyiapkan rencana lebih dari satu alias backup plan.

Jadi, apakah kamu termasuk orang yang memiliki kemampuan street smart?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.